Maluku

Anshori Pastikan Timsel Calon Anggota KPU Provinsi Maluku Netral

potretmaluku.id – Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) memastikan, seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku bakal berjalan netral tanpa intervensi dari pihak manapun.

Hal itu disampaikan dalam jumpa pers timsel bersama sejumlah wartawan di Hotel Manise Kota Ambon, Rabu (29/11/2023).

Kata dia, timsel akan tetap mengedepankan azas independensi dalam melaksanakan seluruh tahapan seleksi calon anggota KPU Provinsi Maluku.

Bukan cuma itu, dia juga optimis seleksi tersebut bebas dari konflik kepentingan. “Saya pastikan timsel ini netral. Saya sendiri adalah salah satu timsel yang ditugaskan dari Jakarta oleh KPU RI,” kata Anshori.

Dia menjelaskan, timsel calon anggota KPU Provinsi Maluku sendiri terdiri dari lima orang, dimana semuanya berasal dari unsur akademisi.

Menurutnya, sekarang yang bisa menjadi timsel hanya berasal dari akademisi. Kata dia, itu mungkin merupakan selera dari KPU RI untuk menjaga netralitas dalam proses seleksi calon anggota KPU di tingkat daerah.

Untuk menjaga netralitas, maka timsel tidak boleh terlibat di partai politik. “Kami sudah melalui seleksi pada tahap itu, dan saya yakin teman-teman di timsel juga telah melalui seleksi yang sama, sehingga saya yakin timsel ini netral,” ujarnya.

Kata dia, seleksi calon anggota KPU Provinsi Maluku juga akan berjalan sesuai dengan pedoman KPU dan bebas dari intervensi kepentingan eksternal.

Dia menyebut, ada tahapan yang memang diluar kewenangan timsel, yakni tahapan psiko tes. “Dimana timsel tidak bisa memberikan nilai, karena itu keputusan dari TNI. Sebab tahapan tersebut dilakukan oleh pihak TNI,” katanya.

Hasilnya psiko tes itu diputuskan oleh pihak TNI dan dilaporkan ke KPU. Timsel hanya menerimanya. Pada tahap tersebut, hanya ada tiga kategori, yakni direkomendasikan, dipertimbangkan, dan ketiga yaitu tidak direkomendasikan.

Jadi itu mutlak, timsel tidak berkewenangan untuk itu. Di Computer Assisted Test (CAT) pun timsel tidak punya wewenang untuk memberikan nilai.

“Jadi sekali lagi saya sampaikan bahwa seleksi ini kami pastikan berjalan netral,” tegasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button