Amboina

Wattimena Ingin Partisipasi Pemilih di Ambon Harus Capai 100 Persen

potretmaluku.id – Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena berharap Pemerintah Desa dan Kelurahan di Kota Ambon harus bekerja maksimal menggerakkan masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya di Pemilu mendatang.

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi pemerintahan bersama Forkopimda, KPU, Bawaslu Kota Ambon dan para Lurah, Kades, KPN ketua Saniri/BPD, Babinsa/Bhabinkamtibmas dan ketua RT/RW se-Kota Ambon, di Ballroom Maluku City Mall, Selasa (9/1/2024).

Wattimena menyebut, di pemilu Tahun 2019, partisipasi pemilih menurun, dan hanya mencapai 78 persen. Sehingga di Pemilu 2024, partisipasi pemilih harus ditingkatkan hingga mencapai 100 persen.

“Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu lima tahun lalu itu hanya 78 persen. Saya ingin di tahun ini meningkat kalau bisa 100 persen,” kata Wattimena.

Menurutnya, jika partisipasi pemilih tidak mencapai 90 persen, maka Lurah, Kades maupun Raja, tidak bekerja maksimal untuk menggerakkan masyarakat ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Itu akan diketahui, karena setelah pemungutan dan rekapitulasi akan langsung dilakukan penilaian tingkat partisipasi pemilih pada masing-masing desa/negeri dan kelurahan.

“Dari situ akan ketahuan, tingkat partisipasinya bagaimana, sebab 940 TPS di Kota Ambon datanya terpantau,” katanya.

Dia meminta agar seluruh kades/raja dan juga lurah bersama-sama dengan jajaran RW dan RT dapat mendorong masyarakat, agar dapat menyalurkan hak demokrasinya pada pemilu nanti.

“Harus memastikan mereka sebagai warga negara yang punya hak pilih pada pemilu tanggal 14 Februari nanti,” ujarnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button