AmboinaPendidikan & KesehatanPerempuan & Anak

Tim HCD Puskesmas Air Salobar dan Air Besar Gelar Koordinasi Implementasi HCD di Kota Ambon

potretmaluku.id – Pandemik COVID-19 telah berdampak besar bagi sistem kesehatan termasuk penurunan cakupan secara signifikan, baik imunisasi dasar maupun Imunisasi lanjutan dalam 3 tahun terakhir.

Hal ini menjadi penyebab jumlah anak-anak yang tidak mendapatkan Imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah. Melalui pendekatan Human Center Design (HCD), diharapkan dapat membantu petugas kesehatan untuk lebih memahami kelompok sasaran dan mengetahui hambatan terkait pelayanan kesehatan, khususnya imunisasi.

Meskipun kegiatan imunisasi telah tersedia di Puskesmas dan petugas kesehatan telah memberikan informasi yang diperlukan tentang kegiatan imunisasi rutin kepada masyarakat, banyak masyarakat yang mungkin sibuk atau tidak membaca informasi yang diberikan.

Menindaklanjuti kegiatan workshop HCD Kota Ambon beberapa waktu lalu, Puskesmas Air Salobar dan Puskesmas Air Besar melakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan/Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

Pertemuan yang dilakukan di Kantor Kelurahan Nusaniwe pada Jumat (17/2/ 2023) ini dihadiri oleh Lurah Nusaniwe Achmad Fauzi Saimin, S.STP, Ketua RT 001/RW 06, Ketua RT 001/RW 07, Ketua RT 002/RW 05, Ketua RT 002/RW 06, Ketua RT 003/RW 05, Ketua RT 003/RW 06, Ketua RT 003/RW 07 Ketua RT 004/RW 06, Babinsa Nusaniwe, Babinkamtibnas Nusaniwe, Kader Posyandu, PKK, Ustad Hairul Abudin selaku tokoh agama, dan tim Puskesmas Air Salobar.

IMG 20230218 WA0014

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Ambon Y. Letty menyampaikan materi terkait imunisasi. Pada pertemuan tersebut, Ketua RT 003/RW 05 menyampaikan hal terkait lokasi Posyandu yang terlalu jauh menyebabkan warga malas membawa anak imunisasi. Dia juga meminta data balita yang belum diimunisasi.

Selain itu, pertemuan juga dilakukan di Kantor Desa Batu Merah pada waktu yang sama. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Seksi Pemerintahan Desa Batu Merah Bpk. Soleman, Ketua RT 001/RW 021, Ketua RT 002/RW 018, Ketua RT 002/RW 019, Ketua RT 003/RW 019, Ketua RT 004/RW 019, Ketua RT 005/RW 018, Ketua RT 006/RW 018, Ketua RT 006/RW 019, Ketua RT 008/RW 18, Kader Posyandu, PKK dan tim Puskesmas Air Besar.

Sosialisasi HCD untuk meningkatkan cakupan pelayanan imunisasi disampaikan oleh Muh. Mumin Suneth selaku pengelola program Imunisasi Puskesmas Air Besar.

“Kami mengharapkan agar lokasi Posyandu yang ada di dalam lorong rumah warga agar dipindahkan ke lokasi yang baru atau di halaman depan mesjid saja agar memudahkan orang tua membawa anaknya imunisasi serta tolong lakukan sosialisasi kepada warga tentang manfaat imunisasi untuk menghindari HOAX yang beredar,” tutur Ketua RT 005/RW 018 Desa Batu Merah.

Diharapkan melalui pertemuan ini, terjalin kerjasama yang baik dari pihak Puskesmas dengan Kelurahan/Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dalam mendukung peningkatan pelayanan imunisasi di Provinsi Maluku khususnya di Kota Ambon.(*/ASH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button