MalukuMaluku Tengah

Relokasi Negeri Kariuw Solusi Tepat Selamatkan Generasi Muda dari Ancaman Konflik

potretmaluku.id – Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pelauw (IPPMAP) mendukung upaya Pemda untuk menyelesaikan konflik antar masyarakat adat Negeri Pelauw, Dusun Ory dengan Negeri Kariuw.

Keseriusan Pemda bersama stakeholders lainnya dalam menyelesaikan konflik tersebut merupakan wujud kahadiran negara dalam memberikan jaminan rasa aman, dan jaminan kepastian hak-hak masyarakat sipil.

Ketua Umum IPPMAP, M. Syarif Tuasikal memberikan apresiasi atas langkah cepat Penjabat Bupati Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy dalam menginisiasi penyelesaian konflik yang terjadi antara masyarakat adat Negeri Pelauw, Dusun Ory dengan Negeri Kariuw.

“Kami juga ingin ada solusi yang pasti supaya memberikan jaminan rasa aman, dan jaminan kepastian hak-hak masyarakat yang ada,” kata Syarif dalam rilisnya yang diterima potretmaluku.id, Minggu (16/10/2022).

Menurutnya, penyelesaian konflik tersebut tidak harus dengan mengembalikan warga Kariuw yang berada di lokasi pengungsian di Negeri Aboru ke tempat tinggalnya semula.

Untuk menghindari konflik terulang kembali sebagaimana pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya, maka Pemda harus merelokasi warga Kariuw ke tempat lain yang lebih aman.

“Misalnya ke Pulau Seram. Saya rasa itu solusi yang sangat tepat untuk menyelamatkan generasi muda dari ancaman konflik,” terangnya.

Dia menyebut, generasi muda mempunyai hak untuk hidup dengan rasa aman, tidak ada gangguan konflik yang terjadi berulang-ulang. Mereka juga berhak punya masa depan yang lebih baik.

Dikhawatirkan jika dikembalikan ke tempatnya semula, konflik akan terjadi lalu mengancam masa depan generasi muda dua negeri itu.

“Jadi menurut saya negara harus hadir dengan memberikan solusi yang tepat,” ungkap Syarif.(HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button