MalukuPendidikan & Kesehatan

Ratusan Warga Ambon Terpapar HIV/AIDs, DPRD Maluku Minta Pemkot Tetapkan Status Darurat

potretmaluku.id – Ratusan warga Kota Ambon terpapar Virus Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merujuk data Dinas Kesehatan setempat.

Diketahui semenjak Januari hingga Juli 2023, Dinas Kesehatan Kota Ambon mencatat, 174 kasus HIV dan 6 kasus AIDS yang terdeteksi, setelah melaksanakan pengambilan darah di beberapa penginapan dan karaoke.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPRD Maluku Jantje Wenno, menyesalkan ihwal lalainya pengawasan pemerintah kota Ambon yang mengakibatkan lonjakan jumlah penderita HIV dan AIDS.

“Pemkot lalai dalam menaruh perhatian terhadap hal ini. Padahal imbas dari lonjakan kedua penyakit ini juga selalu berhubungan dengan Narkoba yang peredarannya patut diduga cukup tinggi,” ungkapnya, sebagai mana dikutip porostimur.com, Jumat (11/8/2023).

“Fenomena AIDS ini seperti gunung es. Di puncak kelihatan sedikit, tetapi di bawah ini banyak, jadi kalau dikatakan terjangkit ratusan orang berarti patut diduga ribuan orang telah terjangkit di Ambon,” imbuhnya.

Anggota DPRD Provinsi Maluku dari Dapil Kota Ambon ini meminta, pemkot segera menyatakan Kota Ambon darurat HIV/AIDS, sehingga pengawasan ke masyarakat harus juga ditingkatkan.

“Padahal tindak tegas Narkoba dan HIV/AIDS adalah yang penting karena terkait dengan menyelamatkan generasi muda atau generasi emas Kota Ambon,” tukasnya.

Bakal Calon Walikota Ambon ini berharap, pemkot segera membentuk satgas guna upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya HIV/AIDS dan Narkoba.(PT/VERA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button