Ekonomi & BisnisMaluku

Permudah Nelayan Melaut, DPRD Minta Pertamina Siapkan Infrastruktur SPBN di Maluku

potretmaluku.id – Sekretaris Komisi II DPRD Maluku Ruslan Hurasan berharap agar PT. Pertamina bisa segera menyiapkan infrastruktur depot minyak, yang mudah diakses oleh para nelayan di daerah ini.

Harapan tersebut disampaikan Ruslan, menanggapi minimnya keberadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), yang hampir merata di seluruh Maluku. Kondisi ini membuat nelayan kesulitan mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk keperluan melaut.

Di lain sisi, adanya regulasi pusat terkait pembatasan pembelian BBM di SPBU dengan menggunakan jerigen, dirasa memberatkan bagi masyarakat nelayan di 11 kabupaten/kota yang ada di Maluku.

“Contohnya di Kabupatan Maluku Tengah. Setelah dikroscek, ternyata banyak kekurangan, serta dalam artian belum ada depot khusus untuk para nelayan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/8/2023).

Menurut dia, di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual SPBN untuk nelayan telah tersedia. 

“Sekarang kita mendorong pemerintah daerah untuk mensosialisasikan sekaligus mendata para nelayan tersebut yang sudah terdaftar di kartu nelayan itu, agar bisa bersama-sama mendaftarkan kembali di aplikasi My Pertamina,” imbaunya.

“Harus ada kerjasama yang baik antara kedua pemerintah daerah setempat, agar bisa mendata dan mengindentifikasi kembali para nelayan,” tandasnya.(*)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button