Amboina

Pemkot Gelar Evaluasi Tahap II Smart City 2023

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar evaluasi tahap II Smart City Tahun 2023. Kegiatan itu dilakukan secara virtual di Ruang Rapat Vlissingen Balai Kota, Senin (13/11/2023).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi), Joy Adriaansz dalam kegiatan itu menyampaikan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari evaluasi yang telah dilakukan di tahap I untuk memperbarui Kota Ambon menuju Smart City.

Dalam rangka itu, maka Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Kota gencar melaksanakan koordinasi. Forum smart city dilakukan dalam bentuk rapat koordinasi secara luring, dengan melibatkan seluruh Dewan Smart City dan Tim Pelaksana.

“Aktivitas yang dilakukan itu antara lain; evaluasi dan koordinasi untuk pelaksanaannya serta master plan,” kata Joy.

Menurutnya, terdapat enam dimensi Smart City yang dibuat oleh Pemkot Ambon untuk mewujudkan Ambon yang smart, yakni dimensi smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

Dia menjelaskan, untuk dimensi smart governance terdapat 10 kegiatan yang terealisasi, sementara enam program sementara berjalan di tahun ini.

“Sekarang kami masih terus berjalan dengan beberapa program kegiatan, diantaranya Ambon Satu Akses(ASA), pengembangan command center, SIMPEDA, capil terpadu, sentra layanan perijinan, kemudian aplikasi ASN,” jelasnya.

Untuk dimensi smart branding, sementara sedang dijalankan kegiatan Ambon City of Music, harmoni sudut kota, penetapan lokasi wisata, 10 sekolah pilot project kurikulum music di 5 SD dan 5 SMP, serta program inovasi sound of green (SoG)

Sedangkan untuk dimensi smart economy, smart living, dan smart society terdapat 12 kegiatan yang sementara berjalan hingga akhir tahun nantinya, diantaranya Dinas Pertanian 1 kegiatan, Dinas Indag 6 kegiatan, Dinas Perikanan 2 kegiatan, Dinas tenaga kerja 1 kegiatan.

Selanjutnya program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK), orientasi TPK Kota Ambon, KB mobile dan on the spot promotion. “Ada pula 13 kegiatan pada program Wali Kota Jumpa Rakyat, stunting 58 kegiatan, DP3AMD 1 Kegiatan, DPPKB 2 Kegiatan, dan Dinas Pendidikan 4 Kegiatan,” katanya.

“Kami berharap melalui evaluasi tahap II itu, penilaian Ambon Smart City semakin baik, sehingga Kota Ambon dapat mempertahankan predikat yang disematkan,” tambah Joy. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button