Maluku TengahPendidikan & Kesehatan

Layanan Kesehatan Pengungsi di Aboru Pulau Haruku Masih Berlanjut

potretmaluku.id – Kondisi di Negeri Aboru, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah sudah nampak stabil dan kondusif, namun Kodam XVI/ Pattimura sejak awal hingga saat ini terus menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi yang terdampak konflik.

Salah satunya melalui pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Pos Ramil Haruku Satgas Kodim Maluku Yonarhanud 11/ WBY, Selasa (22/02/2022).

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Di Aboru, disiagakan satu tim kesehatan yang dipimpin oleh Bintara Kesehatan Sertu Roki dibantu oleh dua anggota lainnya, di bawah pengawasan Tim Dokter dari Kesehatan Kodam XVI/Pattimura.

Meskipun beberapa pengungsi di Aboru mengeluh batuk dan demam, namun secara keseluruhan kondisi pengungsi dalam keadaan sehat dan tidak terindikasi COVID-19.

Komandan Posramil Haruku Satgas Kodim Maluku Letda Arh Donald Parhusip mengatakan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian Kodam XVI/ Pattimura, yang dilaksanakan oleh Satgas Kodim Maluku Yonarhanud 11/ WBY kepada warga pengungsi di Aboru maupun masyarakat Aboru sendiri.

“Kami menyelenggarakan pelayanan kesehatan ini agar dapat mengetahui kondisi kesehatan pengungsi secara umum. Dan syukur mereka dalam kondisi sehat” ujarnya.

Dari Mako Kodam XVI/ Pattimura, Pangdam Mayjen TNI Richard Tampubolon mengatakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pengungsi ini sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu kesulitan rakyat, khususnya warga pengungsi di Aboru.

“Kita pastikan kondisi kesehatan mereka terjamin, benar-benar sehat. Dan layanan kesehatan ini kita berikan terus menerus, sejak dari awal mereka di pengungsian hingga saat ini dan ke depan.” terang Pangdam.

Ia juga berpesan kepada prajurit yang bertugas di Haruku agar senantiasa menjaga kesehatan dan terus bersemangat dalam melaksanakan pengabdiaannya kepada masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih atas semangat pengabdian kalian. Selalu jaga kesehatan kalian dimanapun bertugas,” ucap Pangdam.

Pengungsi di Aboru pun mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini dengan antusias. Terlihat dari mereka setiap hari ada yang berobat, juga ada yang sekedar berkonsultasi kepada tim kesehatan yang ditugaskan di sana. (WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button