Maluku

Kanwil Kemenag dan IKADI Kolaborasi Perkuat Moderasi Beragama di Maluku

potretmaluku.id – Sinergitas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku dan Ikatan Da’I Indonesia (IKADI) Maluku, dinilai penting untuk mengkolaborasikan program-program yang akan dibangun oleh kedua mitra strategis ini, sebagai upaya penguatan kerukunan hidup orang bersaudara di bumi Maluku.

Pernyataan tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, usai menghadiri pembukaan Musyawarah Wilayah Ikatan Dai Indonesia Provinsi Maluku di Kota Ambon, Maluku, Kamis (31/3/2022).

“Pemerintah melalui Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dan IKADI Maluku akan bersinergi mengembangkan secara bersama program pengembangan dai, khususnya penguatan moderasi beragama dengan semangat kebersamaan  Katong Orang Basudara,” ujar Yamin, sebagai mana dirilis maluku.kemenag.go.id.

Terlebih, kata Yamin, kehadiran IKADI sebagai organisasi pengkaderan dai yang membawa misi dakwah Islam rahmatan lil alamin, akan sejalan menjalankan salah satu dari rencana aksi tujuh program prioritas nasional yang digagas Kementerian Agama RI, yakni penguatan program moderasi beragama.

“Ini akan kita jalankan berlandaskan kearifan lokal untuk membawa Maluku menuju masa depan yang lebih baik,” terangnya.

Muswil ketiga IKADI Provinsi Maluku ini, berlangsung dengan mengusung tema nasional “Mengokohkan Dakwah Rahmatan Lil Alamin dalam Bingkai NKRI, dan dihadiri pengurus wilayah/daerah yang tersebar di 8 Kabupaten/Kota, Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kab. Seram Bagian Timur (SBT), Kab. Maluku Tenggara, Kab. Maluku Tengah, Kab. Buru, dan Kab. Kepulauan Aru.

Yamin menjelaskan, seluruh rangkaian Muswil ketiga IKADI ini untuk meneguhkan penguatan moderasi beragama yang diharapkan dapat menginternalisasikan nilai-nilai perdamaian, modernis dan NKRI.

“Ini perlu ditingkatkan. Sebabnya pendekatan membangun sinergitas penguatan moderasi beragama ini akan kami bangun secara bersama,” tandasnya.

Sebelumnya, Muswil IKADi Provinsi Maluku dibuka dengan didandai dengan pemukulan tifa oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadli Ie bersama Ketua IKADI Pusat KH. Ahmad Kusyairi Suhail dan didampingi oleh Plt Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin. Turut hadir Anggota DPR RI Saadiah Uluputy dan Wakil Ketua DPRD Maluku Abdul Asis Sangkala.(*/WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button