Amboina

Kadispora Ambon Jadi Narasumber di Youth Co : Lab National Dialogue 2023

potretmaluku.id – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Ambon Richard Luhukay menjadi narasumber Youth Co : Lab National Dialogue 2023 pada Selasa kemarin.

forum kewirausahaan pemuda bertaraf nasional yang diprakarsai oleh United Nations Development Program (UNDP) Indonesia bersama Citi Foundation itu bertujuan untuk memberdayakan generasi muda guna mempercepat implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

“Saya bersyukur bisa jadi narasumber pada acara dialog kewirausahaan pemuda yang digelar oleh UNDP Indonesia bersama Citi Foundation itu,” kata Luhukay.

Dia menyebut, kegiatan yang dipusatkan di Ayana Mid-Plaza Jakarta itu didukung oleh Kemenko PMK, Bappenas RI, Kemenpora RI, British Council, dan Innovation Financing Lab.

Selain Luhukay, narasumber yang dihadirkan menghadirkan secara panel yakni Deputi Bidang Koordinator Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK RI, Woro Srihastuti Sulistyaningrum dan Deputi Bidang Pembangunan manusia, Masyarakat dan kebudayaan, Bappenas Amich Alhumami serta beberapa lainnya.

“Baru kali ini, Dispora tercatat sebagai bagian dari dialog kewirausahaan pemuda itu. Itu karena Dispora telah melakukan kolaborasi program pengembangan kewirausahaan pemuda pada 30-31 Agustus 2023 lewat kegiatan Ambon Creativepreneur yang lalu,” jelasnya.

Sebagai implementasi dari program Bappenas yakni Stategi Nasional Kewirausahaan Pemuda, Dispora Kota Ambon berkolaborasi dengan UNDP lewat kegiatannya Youth Co:Lab.

Kata dia, ini membuahkan hasil yang manis, karena para kandidat atau perwakilan wirausaha muda Kota Ambon setelah melalui proses Bootcamp dan penilaian lewat kegiatan Youth Co:lab, salah satunya masuk 10 besar sebagai nominator penerima penghargaan dan dana pembinaan.

“Atas dasar itu, sehingga hadir pada acara Youth Co:Lab National Dialogue 2023,” jelasnya.

Adapaun finalis Youth Co:Lab National Dialogue 2023 dari Kota Ambon yaitu Nutmagic Ice Cream. Meski pada saat pengumuman penerima penghargaan dan dana pembinaan tidak diperoleh.

Nutmagic Ice Cream berkesempatan masuk dalam jaringan kewirausahaan secara nasional dan nantinya berkesempatan mengikuti kegiatan Youth Co:lab pada tahapan Internasional, serta membuka peluang memperoleh dukungan investasi dari para investor skala nasional dan international.

“Dari momentum ini sehingga Kota Ambon pun dikenal oleh wirausaha muda di seluruh Indonesia,” katanya.

Luhukay berharap, pengalaman-pengalaman yang telah disampaikan bisa menjadi literasi untuk bagaimana membangun ekosistem di daerah masing-masing, termasuk juga di Kota Ambon.

“Kami berharap ini dapat memberikan semangat baru, kerja-kerja yang inovatif sehingga berdampak bagi para wirausaha-wirausaha muda di Kota Ambon,” ungkapnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button