Maluku

Ikhsan Tualeka: Startup Digital, Peluang yang Harus Dimaksimalkan

potretmaluku.id – Saat ini telah terjadi perubahan mendasar pada pola komunikasi, interaksi juga transaksi. Realitas ini disebut sebagai disruptif, karena secara fundamental mengubah semua sistem, tatanan, dan landscape yang ada ke cara-cara baru. Ini tantangan tapi juga adalah peluang.

Hal tersebut disampaikan Ikhsan Tualeka yang adalah Regional Officer Gerakan 1000 Startup Digital, pada Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, yang diadakan bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi (Dispora) Maluku bertajuk “Startup sebagai Solusi”, dibuka oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Rabu,(25/8/2021).

Seperti dalam roadshow sebelumnya, CEO IndoEast Network ini, terus berupaya meyakinkan serta mendorong para peserta untuk melihat startup digital sebagai peluang yang harus dimaksimalkan.

Kondisi ini menurutnya, mengharuskan generasi muda untuk adaptif. Jika tidak, sebagai Negara dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia, dan separuh lebih populasi ASEAN adalah orang Indonesia, justru akan menjadi pasar dari hasil kreativitas dan inovasi yang dilakukan anak-anak muda dari Negara lain.

“Faktanya besarnya potensi daerah yang dimiliki belum terkelola dengan optimal, sehingga kekayaan alam kerap hanya menjadi slogan atau kebanggaan semu, namun tak kunjung menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakatnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurut Ikhsan, melihat realitas yang ada, belum lagi soal bonus demografi yang juga disampaikan oleh Gubernur Maluku, kalau tidak diantisipasi dapat menyebabkan terjadinya ledakan pengangguran. Termasuk Pandemi Covid-19 yang belum bisa diprediksi kapan berakhir, adalah tantangan yang memerlukan berbagai inovasi dan kreativitas.

Semua ini menurut Ikhsan adalah tantangan tersendiri, yang memerlukan keterampilan, inovasi dan kreativitas. Anak muda harus mampu melihat dan memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan.

“Anak-anak muda Maluku harus mau terus meningkatkan kapasitas diri, bangun mentalitas entrepreneurship, temukan ide gagasan, perluas networking dan tentunya segera mulai startup digital masing-masing,” ajaknya.(PM-03)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button