Maluku

Hari Kesaktian Pancasila, Kapolda Maluku Ngopi Bacarita dengan OKP Cipayung Plus

potretmaluku.id – Usai upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila, Kepolisian Daerah Maluku melanjutkan kegiatan silaturahmi bertajuk Ngopi Bacarita dengan pimpinan maupun pengurus OKP Cipayung Plus.

Kegiatan bersama OKP Cipayung Plus dihadiri langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun, dan para pejabat utama Polda Maluku.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Tribun Lapangan Polda Maluku, Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Minggu (1/10/2023).

“Saya menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan semua peserta upacara yang hadir saat ini dan terkhusus untuk rekan-rekan kita dari OKP Cipayung Plus,” kata Kapolda dalam sambutannya.

Kehadiran kelompok kepemudaan dalam hal ini OKP Cipayung Plus diharapkan dapat terus meningkatkan hubungan kerjasama yang baik dengan Polda Maluku dalam menjaga daerah ini aman dan damai.

“Kami Polda Maluku sangat berbagga hati semoga hubungan silaturahmi kita tetap terjaga walau dalam perbedaan namun momen peringatan hari kesaktian Pancasila ini kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita untuk membangun bangsa,” harapnya.

Meski terdapat beragam perbedaan, namun Kapolda mengaku semua pihak harus sepakat bahwa Pancasila adalah landasan pemersatu bangsa. Pancasila merupakan buah dari perjuangan para Pahlawan di masa lalu. “Dan kita yang ada saat ini harus menjaga dan memelihara kemerdekaan dan kebhinekaan ini dengan baik,” pintanya.

Sementara itu, Umar Rumakefing, Ketua Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Wilayah Maluku, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku yang telah mengundang OKP Cipayung Plus dalam pelaksanaan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila.

“Tentu kami terus berkomitmen untuk mengakselerasi nilai-nilai Pancasila dalam membantu Polda Maluku agar menjaga Kamtibmas, terutama menghadapi momentum pemilu mendatang supaya tetap aman, damai dan penuh sukacita,” katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Maluku, yang telah berhasil meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polda Maluku.

“Dengan konsep Presisi selama memimpin Institusi Polri di Maluku, kami menilai gagasan bapak Kapolda menjadikan institusi Polri mengalami banyak peningkatan. Capaian Polda Maluku hari ini tentu tidak lepas dari kepemimpinan Bapak Irjen Pol Latif,” jelasnya.

Umar juga menyampaikan apresiasinya kepada Kapolda Maluku atas komitmennya memberantas tindak pidana korupsi di Maluku.

“Kita butuh sosok yang tegas seperti Pak Kapolda untuk menjaga bumi Maluku agar tetap aman dan damai,” pintanya.

Senada dengan Umar, Ketua DPD GMNI Maluku, Alberthus Y. R. Pormes, juga memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku dan jajarannya. Selain telah mengingatkan kembali generasi penerus bangsa di Maluku tentang historis Pancasila sebagai ideologi, pedoman dan pandangan hidup bangsa Indonesia, tetapi juga terus menjaga silaturahmi antar anak bangsa, secara khusus Kelembagaan Polda Maluku dan OKP Cipayung Plus Maluku.

“Pada kesempatan ini kami menyampaikan bahwa historis Pancasila sejak lahirnya 01 Juni 1945, peristiwa tanggal 18 Agustus 1945 dan 01 Oktober merupakan rangkaian sejarah yang harus dipedomani seluruh komponen bangsa agar menjadikan Pancasila sebagai landasan hidup, agar kehidupan berdampingan sebagai anak bangsa terus terpelihara secara baik,” ungkapnya.

Ia mengajak anak bangsa Indonesia untuk menjadikan momen peringatan hari Kesaktian Pancasila ini sebagai spirit perjuangan untuk tetap memberikan sumbangsih terhadap pembangunan negara dan bangsa. “Juga terhadap daerah kita tercinta Provinsi Maluku,” ucapnya.

Pormes juga mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia, secara khusus masyarakat Maluku agar bersama-sama menjaga kamtibmas, kerukunan antar umat beragama. Juga dapat melakukan tugas-tugas sebagai anak bangsa untuk dapat menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024.

“Tentu kami mengajak seluruh stakeholder dan rakyat Maluku untuk menyukseskan agenda demokrasi suksesi kepemimpinan nasional lima tahun kedepannya,” harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua PKC PMII Maluku, M. Saleh Ohorella. Ia menyampaikan apresiasi dan rasa hormatnya kepada Kapolda Maluku, Lotharia Latif.

“Upacara Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan oleh Polda Maluku ini diharapkan kita semua dapat menjaga persatuan dan perdamaian di Maluku, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Kapolda Maluku,” ujarnya.

Persatuan dan perdamaian harus terus ditingkatkan, apalagi sebentar nanti Pemilu serentak akan dilaksanakan. Olehnya itu, peran serta semua pihak dalam menjaga stabilitas keamanan dapat ditingkatkan. Sehingga Pemilu bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kapolda Maluku sudah mengundang OKP Cipayung Plus untuk bersama-sama memperingati Hari Kesaktian Pancasila,” tutupnya.(*)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button