Amboina

Dukung GNPIP, Pemkot Gelar Gerakan Pangan Murah

potretmaluku.id – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Kota Ambon, Ronald H. Lekransy mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menggelar gerakan pangan murah besok, Kamis (11/7/2024).

Kata dia, kegiatan yang akan berlangsung di Pelabuhan Enrico itu dilakukan untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut juga bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

“Ini merupakan salah satu implementasi strategi GNPIP, dengan menjaga daya beli masyarakat tetap terjangkau atas kebutuhan pangan yang mengalami kenaikan harga,” kata Ronald, Rabu (10/7/2024).

Menurutnya, intervensi tersebut akan dikoordinasikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis di lingkup pemkot, dengan menjual bahan kebutuhan pangan yang lebih murah, dibawah harga pasar.

Dia menyebut, bahan pangan yang akan akan dijual dalam kegiatan tersebut yakni beras premium seharga Rp55.000 kilo, beras kita premium Rp.60.000 per kilo, telur ayam Rp60.000 per rak, dan minyak goreng Rp14.000 per liter.

Selanjutnya, gula pasir seharga Rp16.000 kilo, bawang merah Rp25.000 per kilo, bawang putih Rp25.000 per kilo, tomat Rp25.000 per kilo. Sayur sawi, bayam, kangkung seharga Rp6.000 per kilo, cabai keriting Rp35.000 per kilo, cabai rawit Rp30.000 per kilo dan lainnya.

“Pemkot berharap ada manfaat yang diperoleh masyarakat melalui kegiatan gerakan pangan murah ini. Sebab, ada upaya stabilitas pasokan dan harga pangan,” ungkapnya.

Ronald menyampaikan, pemkot akan berupaya agar kegiatan tersebut berlangsung secara bertahap dan berkelanjutan agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

“Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Ambon terus berkoordinasi dengan semua pihak sehingga ketersediaan dan harga pangan tetap terkendali,” tandas Ronald. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button