Amboina

DPRD Minta BPBD Percepat Pencairan Dana Gempa di Ambon

potretmaluku.id – Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) transparan soal dana gempa Ambon tahun 2019.

Hal itu disampaikan mengingat belum adanya kejelasan perihal pencairan dana gempa tahap II bagi korban terdampak bencana gempabumi Tahun 2019 di Ambon.

“Yang saya tahu, usulan sudah disampaikan ke pemerintah pusat. Pertanyaannya, kapan itu dicairkan. Kalau ada kendala, BPBD harus jelaskan agar korban terdampak juga mengetahuinya,” ujar Latupono kepada wartawan di Ambon, Selasa (03/01/2023)

Menurutnya, DPRD melalui komisi I beberapa waktu lalu telah menkonfirmasi masalah tersebut ke BPBD. Namun jawaban dari BPDB, anggaran tahap II akan direalisasikan pada Oktober 2022.

BPBD Kota Ambon sendiri telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 25 miliar ke pemerintah pusat. Rinciannya, Rp1 miliar untuk puluhan rumah yang mengalami kerusakan berat.

Sementara Rp24 miliar sisanya untuk korban yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan sedang maupun ringan. “Namun, sampai hari ini, bantuan itu belum juga terealisasi,” ungkapnya.

Koordinator komisi I itu meminta pihak BPBD Kota Ambon lebih intens mengkomunikasikan masalah itu dengan Pemerintah Pusat. “Jika terdapat kendala, bisa diselesaikan secepatnya sehingga anggaran itu bisa dikucurkan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Pays saat dikonformasi wartawan via telephon seluler mengaku, pencairan dana gempa tahap II itu hanya tinggal menunggu dari Pempus.

“Tak ada kendala lagi. Kita sudah usulakan anggarannya dan tinggal menunggu kepastian dari Pempus,” singkat Demmy. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button