Amboina

Kurang Kesadaran Warga, DLHP Ambon Kembali Bersihkan Tumpukan Sampah di Arbes

potretmaluku.id – Kesadaran masyarakat di Kota Ambon terhadap kebersihan lingkungan masih minim, terbukti dengan masih adanya tumpukan sampah. Edukasi menjaga lingkungan agar tetap sehat masih perlu ditingkatkan.

Pasalnya, jika masyarakat belum sadar akan tanggungjawabnya menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, tentu sulit bagi Pemerintah Kota (Pemkot) dalam merealisasikan program ‘Ambon Bersih’ sebagaimana yang diprioritaskan oleh Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena.

Salah satu contoh rendahnya kesadaran masyarakat adalah banyaknya tumpukan sampah di sejumlah kawasan di Kota Ambon, salah satunya di kawasan Air Besar (Arbes) Desa Batu Merah yang hingga kini masih berserakan.

Baca Juga: Penjabat Wali Kota Berharap CCBO Bisa Membantu Problem Sampah di Kota Ambon

Hingga hari ini, tumpukan sampah di Arbes masih terus dibersihkan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon. Pembersihan hari ini merupakan yang ketiga kali dilakukan dalam kurun waktu 5 (lima) bulan.

Sekretaris DLHP Kota Ambon Hairun Tunny kepada wartawan menjelaskan, pembersihan tumpukkan sampah di Arbes merupakan perintah Penjabat Wali Kota Ambon.

“Pembersihan dilakukan sejak Rabu kemarin. Ini dilakukan atas perintah pak penjabat wali kota,” ujar Hairun di sela-sela pembersihan, Kamis (11/08/2022).

tumpukan sampah
Pembersihan dan pengangkutan Sampah oleh Dinas LHP Kota Ambon di Kawasan Air Besar (Arbes), Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau.(Foto: Dinas Kominfosandi Kota Ambon)

Kata dia, DLHP Kota Ambon akan terus berupaya semaksimal mungkin agar tumpukan sampah di kawasan tersebut bisa diangkut dan dibersihkan hingga tuntas dengan mengerahkan seluruh petugas dan armada yang dimiliki.

Sejak Rabu kemarin, DLHP kerahkan 15 unit mobil dam truk, serta 4 unit amrol pengangkut. Sebanyak 144 ton sampah yang diangkut pada Rabu kemarin.

Baca Juga: Penjabat Wali Kota: Volume Sampah di Ambon 220 Ton Sehari

“Sampah yang diangkut kemarin itu 144 ton, terdiri dari 1 unit dam truk mengangkut sampah 8 ton, dan dikalikan dengan 15 unit, ditambah dengan 1 unit amrol berisikan 6 ton, dikalikan dengan 4 amrol,” ungkapnya.

Sampai hari ini,15 mobil dam truk dan 4 amrol masih digunakan untuk mengangkut dan membersihkan seluruh tumpukkan sampah di kawasan itu. Pengangkutan sampah di Arbes juga melibatkan Dinas PUPR dan Sat Pol PP Kota Ambon.

“Yang pasti kita upayakan untuk tumpukan sampah ini harus bersih. Volume sampah sisa ini lebih banyak dari kemarin,” terangnya.(AHS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button