Amboina

DLHP Diminta Tebang Pohon yang Rawan Tumbang

potretmaluku.id – Intensitas curah hujan yang lebat disertai angin kencang berpotensi memicu tumbangnya pohon-pohon besar disepanjang ruas jalan di Kota Ambon.

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono meminta Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang dianggap rawan tumbang.

Kata dia, hal itu patut diwaspadai, jangan sampai terjadi pohon tumbang yang bisa menimpa pengendara sepeda motor maupun mobil. Sebab, banyak pohon yang tumbang di tepi jalan kota sejak Ambon diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

“DLHP harus bergerak cepat. Sebaiknya kita waspada dan melakukan pencegahan sejak dini, sebelum terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” ujar Latupono, Jumat (14/7/2023).

Menurutnya, langkah awal yang perlu dilakukan ialah menginventarisasi sejumlah pohon yang berpotensi tumbang saat hujan atau angin kencang. Kemudian dilakukan pemangkasan sebelum timbul masalah.

“Kalau kita lihat, hujan beberapa hari ini menyebabkan beberapa pohon tumbang. Nah, ini harus jadi perhatian DLHP sebelum ada korban,” tutur dia.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat Kota Ambon untuk selalu waspada saat cuaca buruk terutama terhadap bahaya pohon tumbang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Imbauan juga disampaikan kepada warga yang bermukim di area lereng gunung untuk tetap waspada di saat cuaca buruk.

“Warga yang bepergian juga tetap hati-hati, serta yang rumahnya berada di dekat lereng gunung juga waspada. Kalau bisa mengungsi dulu di rumah keluarga yang sekiranya aman,” terangnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon telah mendata sejumlah pohon yang tumbang di Kota Ambon akibat hujan dan angin kencang.

Pohon tumbang terjadi di Desa Tawiri, Hative Besar dan Hunuth Kecamatan Teluk Ambon, kawasan Halong Baru dan Desa Lateri Kecamatan Baguala. Akibat kondisi tersebut, akses transportasi kendaraan lumpuh.

Selain pohon tumbang sejumlah kawasan, BPBD juga mencatat jumlah titik longsor di Kota Ambon yang mengakibatkan kerugian. Petugas BPBD bersama Dinas Sosial Kota Ambon juga telah menyalurkan bantuan logistik berupa makanan siap saji, pakaian, handuk, selimut dan kasur juga terpal, sekop serta karung kepada masyarakat yang terdampak bencana. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button