Amboina

Dinkes Kota Ambon Tunggu Distribusi AstraZeneca untuk Vaksinasi Kedua, Warga Diminta Tetap Janlankan Prokes

AMBON – Vaksinasi Cobid-19 bagi masyarakat rentan di Kota Ambon terus ditingkatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Kepala Dinkes Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy mengatakan, selepas Ramadan, vaksin untuk masyarakat yang tergolong rentan terpapar Covid-19 seperti warga lanjut usia (Lansia) hingga kini masih terus dilakukan.

Dosis pertama telah disuntik kepada warga saat vaksinasi digelar secara massal di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon, Kamis (19/5/2021) hingga Senin (31/5/2021) lalu . Untuk dosis kedua, Dinkes masih menunggu distribusi vaksin AstraZeneca.

“Kita sudah mengajukan permintaan 2000 vial atau 20 ribu dosis vaksin AstraZeneca untuk suntikan kedua,” ujar Wendy, Senin (7/6/2021).

Kata dia, harusnya suntikan dosis kedua sudah dilakukan sejak pada 2 Juni kemarin. Namun karena suntikan kedua itu masih bisa dilakukan 8 minggu hingga 12 minggu kedepan, sehingga masih bisa menunggu distribusi vaksin AstraZeneca.

Dia berharap, vaksin AstraZeneca batch itu bisa masuk ke Ambon dalam waktu dekat, agar suntikan dosis kedua sudah bisa dilakukan terhadap warga penerima dosis pertama saat vaksin gratis dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Mudah-mudahan pekan depan vaksin AstraZeneca sudah bisa masuk, supaya vaksinasi dosis kedua bisa dilakukan,” kata Wendy.

Menurutnya, jika kemudian permintaan 2000 vial vaksin AstraZeneca itu tidak cukup untuk melayani masyarakat, maka akan diminta penambahan dosis yang sama. Karena vaksin dosis pertama masih terus berlangsung hingga Agustus mendatang.

Dinkes kota Ambon terus berupaya agar vaksin dosis pertama bisa dimanfaatkan oleh masyarakat rentan yang belum divaksin. Untuk itu pihaknya juga tengah meminta penambahan 1000 vial atau 10 ribu dosis.

“Jadi kita minta 2000 vial sambil menunggu penambahan vaksinasi dosis pertama. Kalau pun kurang, maka kita akan mengajukan permintaan susulan,” tandasnya.

Wendy tak lupa mengngatkan kepada warga yang sudah divaksin, agar selalu menerapkan protokol kesehatan protokol kesehatan (prokes) 5M yaitu yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari keramaian dan membatasi mobilisasi.

“Sebab meski pun sudah mendapat vaksin Covid-19, namun warga masih dapat terinfeksi Covid-19,” tandasnya.(PM-05)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button