MalukuPolitik

Bawaslu Maluku Bentuk Komunitas Digital Awasi Pemilu

potretmaluku.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku membentuk komunitas digital untuk mengawasi partisipasi di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Kelompok yang dinamakan komunitas digital pengawasan partisipatif sekaligus posko kawal hal pilih itu resmi diluncurkan oleh Bawaslu Maluku, Selasa (14/2/2023).

“Hari ini tepatnya 360 hari sebelum proses pencoblosan, kami lewat Divisi Pengawasan, membentuk satu komunitas yang berbasis digital yaitu komunitas digital pengawasan partisipatif,” kata Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Maluku, Stevin Melay.

Dia menyebutkan, komunitas pengawasan partisipatif yang dibentuk itu terdiri dari pemangku kepentingan, baik perwakilan dari organisasi kepemudaan, masyarakat sipil, tokoh agama, akademisi, tokoh masyarakat, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), hingga kelompok disabilitas.

Pihaknya mengapresiasi dukungan serta partisipasi dari masyarakat. Partisipasi dan dukungan itu menandakan bahwa banyak pihak sangat konsen dalam dunia digitalisasi.

“Kami berterimakasih, karena teman-teman turut memberikan komitmen untuk sama-sama melakukan pengawasan partisipatif dengan memanfaatkan digital yang ada,” imbuhnya.

Secara kuantitas, lanjut dia, jajaran SDM Bawaslu Maluku sangat terbatas, sehingga pola pengawasan partisipatif dengan menggandeng seluruh komponen merupakan hal penting bagi Bawaslu.

Dia mengaku, Bawaslu akan memanfaatkan teknologi yang terus-menerus berkembang. “Jadi kami harap ini bukan saja sekadar deklarasi tapi juga akan bermanfaat lewat fungsi-fungsi yang ada ke depannya,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button