CitizenAmboina

Webinar Melawan Infodemik Covid-19 bersama AJI Ambon

SUARA WARGANET

Sejak Covid-19 mewabah di Ambon pada April 2020 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang mengharuskan pembatasan sosial (Social distancing). Secara otomatis ruang gerak atau jarak fisik masyarakat terbatas (psycal distancing).

Hal ini berimbas pada berubahnya pola kebiasaan masyarakat dari konvensional ke teknologi. Berbagai informasi pun dengan mudah diakses. Baik lewat pemberitaan media maupun informasi yang berseliweran di media sosial mengenai pandemi ini, membuat tingkat kepercayaan masyarakat menurun.

Masyarakat cenderung apatis dan masih mengabaikan protokol kesehatan. Media sebagai ruang edukasi masyarakat seharusnya menjalankan fungsinya dengan baik dengan menelurkan berita yang akurat dan berimbang berdasarkan fakta.

Di sisi lain, arus informasi yang berkembang dengan cepat membuat sebagian orang memanfaatkan kondisi ini untuk menyebarkan berita atau informasi bohong dan sesat. Bagaimana peran dan tantangan media di Ambon untuk menangkal Misinformasi dan Disinformasi mengenai Covid-19?

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bekerja sama dengan Google News Initiative (GNI) mengundang semua pihak berdiskusi dalam webinar series melawan infodemik Covid-19

Dengan tema spesifik “Tantangan Media  Melawan Mis-Disinformasi Pandemi Covid 19 di Ambon”

PEMBICARA
1. drg.Wendy Pelupessy, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon
2. Zairin Salampessy, Pemeriksa fakta  tersertifikasi google
3. Yani Kubangun, Pimpinan redaksi ameks.id (Ambon Ekspres Grup)

MODERATOR
-Rahman Patty (AJI Ambon/Jurnalis Kompas.com)

Link Pendaftaran: http://bit.ly/WebinarAJIAmbon

Waktu: Selasa, 27 April pukul 15.00-17.00 WIT

Ayo silakan bergabung ya, Free e-sertifikat dan doorprize


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button