Amboina

Wattimena : Tersisa Delapan Negeri yang Belum Punya KPN Definitif

potretmaluku.id – Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M, Wattimena mengatakan, tersisa delapan (8) adat di Kota Ambon yang belum memiliki Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) atau Raja definitif.

Delapan negeri itu masing-masing, Negeri Amahusu, Naku, Tawiri, Hative Besar, Rumah Tiga, Passo, Seilale, dan Batu Merah.

Pihaknya terus berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut, agar 8 Negeri itu bisa secepatnya memiliki KPN atau Raja definitif.

“Mudah-mudahan lewat pelantikan Raja Negeri Laha hari ini memberikan dampak bagi delapan Negeri itu, supaya bisa segera diproses penetapan KPN nya,” ujar Wattimena, di Kantor Negeri laha, Kamis (5/1/2023).

Kendati begitu, lanjut dia, pemkot tidak menargetkan kapan persoalan itu bisa diselesaikan. Sebab pemilihan KPN atau raja ini urusan internal yang harus diselesaikan masyarakat adat, agar dikemudian hari tidak ada permasalahan yang berkepanjangan.

“Kita hanya memfasilitasi, mengarahkan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. Soal siapa yang berhak menjadi Raja, itu urusan masyarakat di negeri adat adat itu sendiri,” terangnya.

Dia mengaku bakal lakukan pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan tokoh adat dari Negeri Naku untuk membahas siapa yang tepat untuk menjalankan tugas selaku KPN.

“Saya harap seluruh proses yang dilakukan bisa disepakati bersama, agar dalam bulan ini kita bisa lantik raja Negeri Naku, dan selanjutnya diikuti oleh negeri lainnya,” tutur Wattimena. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button