Pendapat

Travel Notes Ikhsan Tualeka: Tiba Sehari Setelah Negeri Jiran Malaysia Punya PM yang Baru

Seperti biasa, setiap bepergian ke luar negeri, selalu saya sempatkan untuk membuat catatan ringkas. Termasuk kali ini, meski dan tentu saja Malaysia sudah sering saya kunjungi, tapi ada saja hal baru yang bisa diceritakan.

Perjalanan kali ini, hari ini, dari Jakarta, setelah transit di Medan, saya akhirnya mendarat di Penang International Airport. Tentu beberapa hari di sini akan ada banyak cerita yang bisa ditulis, perdana ini mengenai perkembangan politik terkini Negeri Jiran.

Bila di tanah air kita lagi disibukan dengan bakal calon presiden dan juga hingar bingar persaingan panas piala dunia, Malaysia justru baru sehari punya Perdana Menteri baru. Itu setelah pada Kamis 24 November 2022, politisi senior Anwar Ibrahim resmi ditunjuk Raja Malaysia Sultan Abdullah sebagai PM baru Malaysia.

Menjadi menarik karena untuk menjadi PM Malaysia, Anwar harus menanti lebih dari 24 tahun lamanya. Penunjukan Anwar Ibrahim sebagai PM Malaysia yang baru itu tercantum dalam pengumuman Istana Negara Malaysia.

“Seri Paduka Baginda telah memberi izin melantik Yang Berhormat Dato’ Seri Anwar bin Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia yang ke-10,” demikian bunyi penggalan pengumuman tersebut.

Ditunjuknya Anwar Ibrahim menjadi PM menyudahi drama lima hari sejak pemilu Malaysia digelar pada Sabtu, 19 November 2022, yang berakhir dengan tak satupun koalisi dengan cukup kursi untuk membentuk pemerintahan.

Seperti yang ditulis South China Morning Post yang saya pegang dalam foto ini, Sultan Abdullah merasa puas bahwa Anwar dan koalisi Pakatan Harapan (PH) mendapatkan dukungan yang cukup dari sesama perwakilan terpilih guna memimpin Malaysia selama lima tahun ke depan.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

1 2Next page

Berita Serupa

Lihat Juga
Close
Back to top button