Amboina

Tradisi Makan Patita Warnai HUT Kota Ambon ke-448

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon gelar ‘Makan Patita’ atau makan besar bersama warga Kota Ambon di sepanjang Jalan A.Y Patty.

Makan patita itu dilakukan usai upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke-448 di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (7/9/2023).

Makan patita artinya ‘makan besar bersama’ yang merupakan tradisi masyarakat Maluku yang kerap dilakukan pada pelaksanaan peristiwa tertentu, seperti pelantikan raja, panas pela, panas gandong, persiapan panen, pembangunan baileo, dan peringatan hari-hari raya tertentu.

Kali ini, makan patita digelar dengan menyajikan makanan sepanjang kurang lebih 200 meter untuk mewarnai perayaan HUT ke-448 Kota Ambon.

Suka cita warga terlihat dalam kegiatan tersebut. Mereka berbondong-bondong menikmati beragam makanan khas Maluku tersaji, seperti sagu, papeda bungkus, patatas, kombili, keladi rebus, pisang rebus, kohu-kohu (urap), ikan bakar, ikan goreng, colo-colo, ikan kuah, dan beragam sayuran yang ditata di sepanjang ruas jalan A.Y Patty.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena mengatakan, makan patita ini diselenggarakan oleh Pemkot Ambon beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di kecamatan hingga desa/negeri dan kelurahan.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk mempererat dan menjaga harmonisasi antara pemerintah dengan masyarakat maupun seluruh pihak.

“ini dari kami bersama dengan negeri, kelurahan, desa yang sediakan semua untuk kita makan bersama-sama disana dengan warga,” jelas Wattimena.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Kota Ambon tahun 2023, Pieter Saimima menambahkan, bukan hanya untuk Pemkot dan jajarannya saja, namun sajian makan itu juga untuk warga Kota Ambon.

“Momentum makan patita semua warga Kota Ambon menikmati kuliner yang tersedia sebagai bentuk kebersamaan dan kekeluargaan antar warga,” jelas Saimima. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button