Amboina

Tingkatkan Siagaan Bencana, Pemkot Gelar Penyusunan Rencana Kontinjensi

potretmaluku.id – Salah satu rencana siaga dalam penanggulangan bencana adalah rencana kontinjensi.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena saat membuka kegiatan penyusunan rencana kontinjensi banjir bandang Tahun 2023/2026 yang digelar BPBD Kota Ambon di Manise Hotel, Senin (7/8/2023).

Wattimena menjelaskan, rencana kontinjensi merupakan rencana terintegrasi yang berisi upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah, masyarakat serta lembaga usaha dalam menghadapi ancaman bencana, termasuk banjir bandang.

“Perencanaan kontinjensi bertujuan untuk memastikan kesiapan para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat dan ketersediaan sumberdaya dalam menghadapi potensi kejadian darurat bencana alam,” jelas Wattimena.

Menurutnya, penyusunan rencana kontinjensi penting dan harus menjadi perhatian bagi pemerintah desa/neger maupun kelurahan agar pemerintah melalui dinas teknis dapat mengintervensi kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebelum terjadi bencana.

“Harus ada sinergitas antar dinas teknis untuk menghindari warga kota dari kejadian-kejadian buruk yang diakibatkan oleh bencana alam,” ungkapnya.

Kata dia, kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat penting, seperti Dinas PUPR harus menormalisasi sungai, PRKP melakukan survei terlebih dahulu sebelum menerbitkan IMB kepada masyarakat.

“Jadi dari kegiatan ini akan dihasilkan dokumen perencanaan yang terintegrasi supaya jauh kita sudah mempersiapkan antisipasi,” imbuh Wattimena. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button