Amboina

Pemkot Ambon Bakal Rekrut 924 Tenaga PPPK di Tahun Ini

potretmaluku.id – Tahun 2023 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kembali mendapatkan alokasi penerimaan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari Pemerintah Pusat sebanyak 924.

Jumlah penerimaan tenaga PPPK yang diberikan itu untuk tiga formasi, yakni tenaga pendidikan, kesehatan, tenaga administrasi umum. Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena saat memberikan arahan pada apel pagi di halaman Balai Kota, Senin (7/8/23).

Kata dia, jatah tersebut telah disampaikan secara resmi lewat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI.

“Untuk tenaga pendidikan sebanyak 597 orang, tenaga kesehatan 237 orang, dan tenaga administrasi umum 90 orang. Khusus tenaga administrasi umum, 35 orang dialokasikan untuk Pemadam Kebakaran sebanyak,” jelas Wattimena.

Menurutnya, keputusan Kemenpan-RB patut disyukuri, sebab tidak semua daerah mendapatkan alokasi. Pemkot melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) akan menindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.

“Itu disampaikan lewat keputusan MenPAN- RB formasi untuk Kota Ambon, ada daerah yang tidak dapat formasi karena tidak mengusulkan,” ujarnya.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse juga mengaku sesuai hasil rapat koordinasi Kemenpan-RB bersama pemerintah daerah beberapa waktu lalu, maka usulan pemkot terkait formasi calon PPPK telah diterima.

“Pemkot bisa dapat, karena pak Pj. Wali Kota mengusulkan ke pemerintah pusat, dan kemudian pemerintah pusat merespons usulan itu,” kata Ririmasse.

Kata dia, formasi yang dibuka akan mengakomodir para pegawai kontrak yang ada. Dengan begitu, maka mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Jadi ini akan ditindaklanjuti oleh BKPSDM sesuai Ppetunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat,” ujar Ririmasse. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button