Amboina

Tiga Perguruan Tinggi Kolaborasi Gelar FGD Bahas Project CORE STEP

potretmaluku.idUniversitas Syiah Kuala (USK), Griffith University dan Univeritas Pattimura (Unpatti) Ambon berkolaborasi menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan yang berlangsung di The City Hotel Ambon pada Senin, (25/7/2023) itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ambon, Wendy Pelupessy.

Wendy Pelupessy dalam sambutannya mengatakan, dampak dari perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap berbagai sektor terutama dalam sektor kesehatan, sehingga perlu upaya inovatif serta adaptif untuk mengatasinya.

“Saya mengapresiasi FGD hari ini yang sejalan dengan tujuan tersebut. Saya berharap ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Ambon umumnya dan juga tenaga kesehatan lainnya,” ungkap Wendy.

Hal senada juga disampaikan Rina Suryani Oktari, salah satu Tim Leader Indonesia. Kata dia, FGD itu membahas tentang project Core-Step sebagai solusi berbasis pengetahuan yang inovatif untuk sistem layanan kesehatan primer yang Inklusif dan siap menghadapi perubahan Iklim.

IMG 20230926 WA0052

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam penelitian kerjasama antara USK, Universitas Griffith Australia dan Unpatti,” jelas Rina.

Ketua Prodi S2 Ilmu kebencanaan USK itu menyebut, penelitian itu dilakukan untuk memahami dan mengindentifikasi masalah dan hambatan yang di alami oleh Puskesmas dalam menghadapi perubahan iklim.

“Penelitian ini diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut dan membuat sistem pelayanan kesehatan lebih siap menghadapi perubahan iklim,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, team leader dari Australia, Dr. Connie Gan mengaku kagum melihat keramahtamahan dan antusias masyarakat Ambon dalam menyambut penelitian tersebut.

Dosen Universitas Griffith itu menyebut, semua stakeholder yang terlibat dalam kerjasama ini memberikan support dan respon yang sangat positif.

“Saya harap kedepannya data yang diperoleh dapat digunakan untuk kepentingan semua kalangan terutama bagi pusat pelayanan kesehatan dan masyarakat,” ujar Connie. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button