AmboinaPendidikan & KesehatanSerba-serbi Ramadan

Selama Ramadan, di Ambon Ada Vaksinasi Malam Hari

potretmaluku.id – Guna meningkatkan capaian vaksinasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon melaksanakan kegiatan Vaksinasi COVID -19 di malam hari, selama bulan Ramadan.

“Pelaksanaan Vaksinasi digelar selama bulan Ramadan, secara terpusat di Lapangan Merdeka Ambon,” ujar Kepala Dinkes Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, Senin (11/4/2022).

Dia menjelaskan, kegiatan vaksinasi massal di malam hari, dilakukan sebagai langkah jemput bola, lantaran kehadiran warga untuk menerima vaksinasi pada puskesmas– puskesmas sangat minim.

“Seperti kita ketahui di bulan Ramadan ini, masyarakat yang beragama Muslim melaksanakan ibadah puasa, sehingga untuk divaksin di Puskesmas sangat menurun,” terangnya.

Kondisi tersebut lanjut dia, membuat sehingga terkadang jumlah warga yang akan divaksin tidak mencukupi untuk dibuka 1 vial yang berisi minimal 10 dosis vaksin atau untuk 10 orang.

Menurut Wendy, bagi masyarakat yang hendak mengikuti vaksin pada malam hari dapat mendaftarkan diri di tempat vaksinasi mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIT

“Selain vaksinasi malam, juga masih dilaksanakan vaksinasi pada siang hari di Lapangan Merdeka. Sedangkan pelayanan vaksinasi di Pukesmas akan kembali dilaksanakan usai Idul Fitri,” tuturnya.

Terkait capaian vaksinasi, Wendy menyebutkan, hingga saat ini dosis pertama telah mencapai angka 99,72 persen, dosis kedua 67 persen, dan vaksin  booster (dosis ketiga) 7,74 persen.

“Untuk vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun, dosis pertama 75,11 persen, dan dosis kedua 47,57 persen,” bebernya.

Wendy menambahkan, pandemi di Kota Ambon sudah dapat dikendalikan, dengan jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 sangat menurun yakni tinggal 6 (enam) jiwa.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button