Pendapat

Rumitnya Dua Paslon Pilpres

PENDAPAT

Oleh : Dr. M.J. Latuconsina, S.IP, MA (Dosen Fakutas Ilmu Sosial Ilmu Politik – Universitas Pattimura)


Lama sekali bacapres Prabowo Subianto dengan bacapres Ganjar Pranowo menentukan pendamping pasangan bacawapres mereka. Sementara bacapres-bacawapres Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar sudah lebih dulu menyatukan tekad mereka untuk berpasangan sebagai paslon dalam Pipres 2024 nanti. Bahkan paslon ini sudah star lebih dulu, dengan gencar melakukan konsolidasi secara internal-eksternal dan melakukan kunjungan ke sejumlah daerah.

Sementara khalayak Indonesia tengah menerka-nerka siapa figur-figur yang akan bersanding dengan Prabowo sebagai paslon bacawapresnya. Sejumlah nama pun menguat untuk berpasangan dengan Prabowo, diantaranya : Airlangga Hartarto Ketum Golkar, Zulkifli Hasan Ketum PAN, Yenny Wahid putri mantan Presiden Gus Dur, dan Gibran Rakabuming Raka Walikota Solo putra Presiden Jokowi.

Begitu juga public tanah air sedang ramal-meramalkan figur-figur yang bakal bersanding dengan Ganjar. Beberapa nama pun menguat untuk berpasangan dengan Ganjar, diantaranya : Ridwan Kamil Waketum Bidang Penggalangan Pemilih dan co- Bappilu Partai Golkar, Mahfud MD Menkopolhukam, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Sandiaga Uno Menparekraf, dan Andika Perkasa mantan Panglima TNI.

Banyal “prediksi liar” Prabowo dan Ganjar sedang memainkan peran seakan-akan mereka berdua adalah bacapres yang diincar oleh semua figur untuk menjadi bacawapres mereka. Hal ini berkorelasi dengan hasil survei mereka, yang berada pada posisi satu dan dua, dimana meninggalkan Anies diurutan akhir hasil survei. Sehingga semua figur melirik untuk menjadi paslon bacawapres mereka.

Namun pada satu sisi dengan sudah didiklerasikannya paslon Anis-Imin, yang diikuti konsolidasi secara internal-eksternal dan melakukan kunjungan ke sejumlah daerah, justru menguatirkan kubu Prabowo dan Ganjar. Pasalnya banyak ahli politik dan praktisi politik yang eksperd memprediksikan, jika tiga paslon capres pada Pilpres 2024 nanti, maka yang unggul adalah pasangan Anis-Imin.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

1 2Next page
Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button