Amboina

Pemkot Perpanjang Kontrak Pemanfaatan Lahan kepada PT. Pelindo

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, kembali memperpanjang masa kontrak pemanfaatan lahan Container Yard (CY) Tahun 2023 kepada PT. Pelindo.

Perpanjangan kontrak pemanfaatan lahan itu dilakukan melalui pendantanganan perjanjian kerjasama oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse bersama Head Terminal Petikemas Ambon, Rouland P. Kuswara di Surabaya, Kamis (9/3/2023).

Penandatanganan kerjasama itu disaksikan langsung oleh Pelaksana Harian (Plh). Vice Presiden Kerjasama Usaha PT. Pelindo Terminal Petikemas Surabaya, Adi Setiawan, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ambon Robby Sapulette, dan Plt. Kepala Bagian Hukum Sekretariat Kota Ambon, Lexy Manuputty.

Kepala Dishub Kota ambon, Robby Sapulette mengaku, kerjasma antara Pemkot dan PT. Pelindo sudah dilakukan sejak 2018, dan setiap tahun itu diperpanjang.

“CY dari PT. Pelindo dibangun di lahan milik pemkot yakni eks pasar Nusaniwe seluas 5003 meter persegi sejak tahun 2018. Oleh sebab itu, kerjasama itu setiap tahun diperpanjang,” ungkapnya.

Selain, penandatanganan perjanjian kerjasama, lanjut Robby, juga dibicarakan terkait perkerasan struktur CY yang perlu dinaikan agar dapat menampung peti kemas berisi supaya memaksimalkan pendapatan. Karena struktur CY hanya mampu menampung peti kemas yang kosong.

Kata Robby, pemkot juga menawarkan agar pekerjaan itu dilakukan oleh PT. Pelindo dengan sistem bagi hasil, 50 persen untuk pemkot dan 50 persen Pelindo atas sewa CY itu setelah beroperasi.

“Dengan sistem bagi hasil itu, maka nanti saat nilai investasi pekerjaan perkerasan struktur CY dari Pelindo telah terpenuhi, baru hasil sewa dikembalikan kepada pemkot,” cetus Robby. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button