Amboina

Pemkot Ambon Gelar Rapat Rekonsiliasi, Sudahi Pertikaian Kei – Kailolo

potretmaluku.id – Menyudahi pertikaian masyarakat negeri Kei – Kailolo yang berdomisili di kawasan STAIN atau sekitar lingkungan Kampus Institut Agama Islam Negeri Ambon (IAIN) Ambon, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, maka pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Badan Kesejahteraan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengelar rapat koordinasi rekonsiliasi.

Kegiatan ini menghadirkan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta tokoh agama dari kedua komunitas yang bertikai, dengan Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena sebagai mediator, didampingi oleh Komandan Kodim (Dandim) 1504 Ambon, Zamril Philiang, dan Kapolresta P. Ambon dan P. P Lease, Kombes Pol Raja Arthur Simamora, serta Ketua DPRD Kota, Elly Toisuta.

Bodewin mengungkapkan, rapat yang dilgelar di Ruang Rapat Vlisingen, Balai Kota Ambon, Selasa (22/11/22) ini, merupakan penandatanagan perjanjian perdamaian antara masyarakat Kei yang berdomisili di sekitar lingkungan kampus IAIN dan warga Negeri Kailolo.

“Mereka sudah datang dengan hati yang ikhlas untuk bersepakat damai, karena ini itu kami berharap janji damai ini yang sudah kita bangun hari ini mudah-mudahan menjadi dasar bagi kita supaya kedepan tidak terulang lagi,” ungkap Bodewin, usai menghadiri rapat rekonsiliasi basudara Kei – Kailolo.

Lanjut dirinya berharap penandantanganan perjanjian perdamian ini, tak hanya sebatas hitam di atas putih diantara kedua belah pihak. Akan tetapi dapat terealisasikan oleh semua elemen masyarakat yang menjadi saksi peristiwa pada kegiatan tersebut.

“Kami Pemerintah, TNI/Polri, maupun DPRD akan mewujudkan atau merealisasikan dan semoga perdamaian yang dibangun hari ini tidak sebatas kita tanda tangan di atas kertas,” tandasnya.

Pihaknya, kata Bodewin, akan melakukan kunjungan kepada warga yang menjadi korban dari peristiwa tanggal 8 November 2022 lalu. “Apabila ada korban yang terdata, maka akan didatangi dan diberi perawatan oleh Pemkot Ambon,” pungkasnya.(*/TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button