Seram Bagian Timur

Pemkab SBT Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-27

potretmaluku.id – Perlu dilakukan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensinya filosofi, dari ditetapkannya Hari Otonomi Daerah yang saat ini telah berusia 27 tahun.

“Ini perlu kita lakukan refleksi sejenak, dengan tujuan agar kita memahami esensi penting tentang filosofi hari otonomi daerah,” ujar Assisten I Setda Seram Bagian Timur (SBT) A. I. T Wokanubun, saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, pada peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-27, yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT, Sabtu (29/4/2023).

Menteri Tito menambahkan, filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan.

“Karena berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri, selama kurun waktu tersebut terdapat beberapa daerah yang memiliki Pendapatan Asli Daerah ( PAD) di bawah 20%, dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD),” ungkapnya.

Hasil ini, kata dia, belum sepenuhnya yang diharapkan. Sebab berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah, selama kurun waktu tertentu terdapat beberapa daerah yang memiliki Pendapatan Asli Daerah yang rendah yang hanya 20% saja.

“Ini menjadi sangat ironi sebab kewenangan telah diberikan kepada daerah, sementara keuangan masih bergantung pada pemerintah pusat (Pempus),” tandasnya.

Guna mendesentralisasikan kondisi daerah, lanjut dia, sejatinya untuk menjadikan daerah dapat mencapai kemandirian fisikal dengan terus menggali potensi sumber daya yang ada.

“Hal ini perlu diberlakukan agar dapat meningkatkan pendapat asli daerah, serta memacu percepatan pembangunan daerah,” harapnya.

Mendagri Tito juga mengimbau kepada daerah-daerah yang PAD-nya masih rendah, agar kedepan dapat melakukan terobosan dan inovasi baru, yang memiliki nilai tambah PAD bahkan melebihi TKDD tanpa melanggar aturan yang ditetapkan.

“Sebab setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, yang dibuktikan dengan percepatan pembangunan dan ditandai dengan meningkatnya angka indeks pertumbuhan manusia (IPM).(MC-SBT/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button