Maluku

Malam Pergantian Tahun di Maluku Aman dan Kondusif

potretmaluku.id – Tidak ada hal-hal yang menonjol yang terjadi. Maluku dalam kondisi aman dan kondusif dalam perayaan malam pergantian tahun.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, setelah melakukan patroli keliling Kota Ambon, dan dengan Forkopimda Maluku ikut video converence (vicon) pemantauan malam ganti tahun 2023 ke 2024 bersama Mabes Polri. Vicon diikuti dari gedung Plaza Presisi Manise Polda Maluku, Kota Ambon, Minggu (31/1/2023).

Kondusifitas keamanan dalam perayaan malam kunci tahun 2023, kata Kapolda, tercipta karena peran seluruh elemen masyarakat di Maluku.

“Ini semua karena peran serta semua masyarakat Maluku yang menjaga kamtibmas yang kondusif dalam merayakan tahun baru,” ujarnya.

Dengan situasi kamtibmas yang kondusif di awal tahun, Kapolda berharap hal ini menjadi awal yang baik untuk melangkah ke depan menuju Maluku yang semakin aman, damai dan sejahtera.

Ia mengaku, kondusifitas keamanan dalam perayaan malam kunci tahun 2023, bisa tercipta karena peran seluruh elemen masyarakat di Maluku.

“Ini semua karena peran serta semua masyarakat Maluku yang menjaga kamtibmas yang kondusif dalam merayakan tahun baru. Olehnya itu, kami menyampaikan terima kasih kepada semua elemen masyarakat, rekan-rekan TNI, Polri, Pemda dan instansi terkait yang sudah turut serta membantu menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif,” tuturnya.

Kapolda menyebutkan, pihaknya melaksanakan semua arahan dari Kapolri sebagaimana disampaikan saat vicon. Menurutnya, secara umum situasi kamtibmas di Maluku terpantau aman dan kondusif.

Forkopimda yang ikutan hadir saat vicon dengan Kapolri ini, antara lain Gubernur Maluku Murad Ismail, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, dan Danlanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb Tiopan Hutapea.

Turut hadir Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Kepala BNN Maluku, Kabinda Maluku, Danrem 151/Binaya, Kabakamla Zona Timur, Sekda Maluku, Dandim 1504 Pulau Ambon, Kapolresta Ambon, dan para pejabat utama TNI/Polri beserta stakeholder lainnya.

Dalam vicon tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo turut menyapa Polda jajaran se-Indonesia. Kapolri meminta agar seluruh personel Polri yang terlibat dalam pelaksanaan tugas pengamanan malam pergantian tahun dapat maksimal menjalankan tugasnya.

Seluruh personel diminta untuk memberikan pelayanan dan rasa aman kepada masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun.

“Saya berharap untuk personel yang melaksanakan tugas pengamanan malam pergantian tahun dapat mengatur dengan baik jalur yang akan dilalui masyarakat sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di ruas jalan tertentu,” pinta Kapolri.

Pengaturan jalan harus dilakukan dengan baik, harap Kapolri agar masyarakat yang dalam perjalanan merasa nyaman. “Lakukan koordinasi dengan semua unsur terkait agar pelaksanaan tugas pengamanan dapat berjalan dengan lancar hingga selesai,” harapnya.(*/ASH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button