Buru

KPUD Buru Gencar Sosialisasi Kirab Pemilu 2024

potretmaluku.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buru mulai gencar sosialisasi Kirab Pemilu 2024 Jalur VII di Kabupaten Buru.

Kali ini kegiatannya digelar Selasa (30/5/2023), pada tiga kecamatan, diantaranya Kecamatan Lolongguba, Kecamatan Waelata dan Kecamatan Waeapo.

Pantauan potretmaluku.id, sehari sebelumnya agenda yang sama juga berlangsung di Kecamatan Waplau, yang diawali dari pelataran Kantor KPUD Buru, untuk melakukan sosialisasi menuju Kantor Sekretariat PPK Kecamatan Waplau.

Tim Rombongan Kirab Pemilu 2024 yang dipimpi Ketua KPUD Buru Munir Soamole, berangkat dari Kantor KPU menuju wilayah Kecamatan Waplau, menggunakan kendaraan roda empat sebanyak lima (5) unit, satu (1) unit mobil sound sistem, dan satu (1) unit mobil bendera partai politik peserta Pemilu, yang dikawal mobil Patwal Satuan Lantas Polres Pulau Buru.

Selain Ketua KPUD Buru Munir Soamole, turut dalam sosialisasi ini, Sekertaris KPUD Buru Umarudin Umagapy, Komisioner dan Staf KPUD Buru, didampingi Kabag Ops Polres P. Buru, AKP Uspril Fetwembun, Kasat Intelkam Polres P. Buru, Iptu Deddy dan Kasikum Polres P. Buru, Ipda Rifan.

Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri Camat Waplau Abd. Hamid Buton, Kapolsek Waplau Ipda Aditya Wiratama, Ketua dan Anggota PPK Buru, serta Ketua dan Anggota Panwascam Waplau.

Sementara pada agenda hari ini, rombongan dari Namlea langsung ke Desa Ohilahin Kecamatan Lolongguba, kemudian ke Pasar Unit 6 Desa Waegeren, juga pada kecamatan yang sama.

Rombongan KPUD Buru kemudian melanjutkan ke Desa Waelo Kecamatan Waelata, sempat melakukan sosialisasi di Desa Waenetat – Mako, Kecamatan Waeapo.

Tiba di Kantor Sekretariat PPK Kecamatan Waeapo, Ketua KPUD Buru, Munir Soamole dan komisioner KPU melakukan sosialisasi dengan PPS Kecamatan Waeapo dan PKD SE Kecamatan Waeapo terkait Kirab Pemilu 2023 dan tugas pokok, fungsi pihak penyelenggara pada penyelenggaraan Pemilu 2024.

Munir Soamole juga melakukan sosialisasi di Cold Storage PT Harta Samudra, Desa Waplau, Kecamatan Waplau.

Usai sosialisasi di Kecamatan Waplau, rombongan kirab menuju sejumlah desa lainnya untuk melakukan sosialisasi yakni Desa Waeura, Desa Samalagi, Desa Namsina dan Desa Hatawano Kecamatan Waplau Kabupaten Buru,.

Dalam sosialisasi kirab ini, pihak KPUD Buru menjelaskan terkait dengan 18 parpol yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024, dan hanya 16 parpol yang melakukan pendaftaran bacaleg di KPUD Buru. Dijelaskan pula mengenai tahapan-tahapan Pemilu 2024, serta tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPUD Buru.

Saat sosialisasi, Munir Soamole mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Waplau agar berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024, dengan datang ke tempat Pemungutan Suara (TPS), guna melakukan pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024 nanti.

Selain itu, masyarakat diminta melakukan pengecekan data pemilih secara online, guna memastikan telah terdaftar sebagai pemilih, dan apabila belum terdaftar sebagai pemilih agar segera melaporkan dan mendatangi PPS dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pembagian flayer dan kalender sebagai bentuk pengenalan parpol peserta Pemilu 2024 kepada masyarakat Kecamatan Waplau.

Diketahui, kegiatan Sosialisasi Kirab Pemilu 2024 bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk berpartisipasi dalam setiap tahapan Pemilu serta dapat menggunakan Hak Suara dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.(ARA)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button