BuruHukum & Kriminal

Kawasan Gunung Botak Kembali Ditertibkan, Warga Sesalkan Tebang Pilih

potretmaluku.id – Kawasan Gunung Botak kembali ditertibkan aparat gabungan TNI/Polri dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), Kamis kemarin (19/5/2022).

Aparat gabungan tersebut terdiri dari 148 anggota Polres Pulau Buru, 10 anggota Kodim 1506/ Namlea, dan 2 anggota Subden POM XVI/ 2-2 Namlea.

Sayangnya kegiatan penertiban pada kawasan Gunung Botak, yang berada di Desa Persiapan Wamsait, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru ini, dipimpin Kepala Bagian Operasi Polres Pulau Buru AKP Uspril Walther Futwembun dan Personil Polres Pulau Buru, Personil Polsek Waeapo, Pos Pam Sekitar Tambang Emas Ilegal Gunung Botak, juga di-back up TNI yang berasal dari Koramil Waeapo Kodim 1506/Namlea.

Mereka menyasar aktifitas penambangan, dengan membakar tenda-tenda, lubang penambangan, dan bak-bak rendaman (metode pengolahan emas sistim sianida) ini, ternyata sudah diketahui warga penambang.

Itu sebabnya saat dilakukan penertiban, sebagian besar penambang lebih dulu telah meninggalkan lokasi kegiatan mereka, karena mendapat bocoran adanya informasi penertiban itu.

Di samping itu sebagian warga juga menyayangkan adanya penertiban tebang pilih, karena tidak semua lokasi tambang ditertibkan. Ada sejumlah tempat penambang sampai kemarin masih melakukan pekerjaan penambangan.

Hal ini disayangkan oleh salah seorang warga yang melihat masih adanya aktivitas terselubung di lokasi-lokasi tersembunyi, yang luput dari pantauan petugas keamanan.

“Saya sangat menyayangkan dalam kegiatan penertiban di lokasi penambangan emas tanpa izin ini, seharusnya dilakukan tidak tebang pilih karena masih ada sebagian lokasi yang sampai saat ini masih melakukan aktivitas seperti biasa,” ujar Yaser, warga Desa Wamsalit.

Karena itu dia berharap kepada Kapolres untuk terus melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan penertiban di lokasi tambang Gunung Botak, Pulau Buru. Sehingga tidak ada lagi yang melakukan tindakan penambangan tanpa izin di lokasi tambang tersebut.

Hasil pantauan potretmaluku.id di lokasi kegiatan terpantau para penambang telah meninggalkan lokasi PETI Gunung Botak, Desa Persiapan Wamsait sejak pagi hari.

Para penambang juga sebagian telah membongkar tenda-tenda, dan mengosongkan lokasi penambangan secara sukarela.

Setelah melakukan penertiban petugas gabungan juga mengimbau kepada para penambang, agar segera mengosongkan lokasi Penambangan Emas Tanpa Ijin tersebut.(ARA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button