Hukum & KriminalMalukuPolitik

Kapolda Maluku Pantau Latihan Simulasi Sispamkota Jelang Pemilu 2024

potretmaluku.id- Kepolisian Daerah Maluku menggelar latihan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2023 – 2024.

Pelaksanaan simulasi sispamkota tersebut akan digelar saat Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata, Pengamanan Pemilu 2024 pada tanggal 17 Oktober 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Kamis (12/10/2023), itu dipantau langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif. Ia didampingi Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun, serta para Pejabat Utama Polda Maluku dan Kapolresta Pulau Ambon.

Simulasi sispamkota yang dilakukan untuk menghadapi Pemilu serentak 2024, melibatkan aparat gabungan dari unsur TNI, Polri maupun Pemerintah Daerah dalam hal ini Satpol Pp Provinsi Maluku.

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, saat memantau jalannya pelatihan simulasi tersebut, juga turut memberikan koreksi, instruksi atau masukan untuk perkuatan pengamanan agar lebih baik.

“Hari ini kita lakukan latihan simulasi, yang akan nantinya digelar selesai apel gelar pasukan tanggal 17 Oktober 2023. Pelatihan ini dilakukan secara gabungan dan berulang untuk kesempurnaan pelaksanaan tugas nantinya,” katanya.

Selain memantau jalannya latihan simulasi, Kapolda juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan peralatan yang akan digunakan.

“Jadi semuanya harus betul-betul siap, baik perkuatan personel maupun peralatan yang nantinya akan digunakan,” kata Irjen Latif.

Meski kesiapan personel gabungan telah dilakukan, namun Kapolda sangat berharap pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan nanti dapat berjalan lancar, aman dan damai di Maluku.

“Kita tentu berharap Pemilu serentak nanti khususnya di Maluku dapat berjalan aman dan damai. Olehnya itu Saya mengajak seluruh elemen masyarakat mari bersama kita menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Kita sambut Pemilu dengan gembira, walaupun kita berbeda pilihan tetapi kita tetap satu saudara yaitu orang Maluku yang terkenal dengan semboyan Orang Basudara, potong di kuku rasa di daging, sagu salempeng di pata dua, dan semboyan persatuan dan kesatuan lainnya,” ajaknya.

Dalam pelatihan simulasi sispamkota tersebut, beberapa peragaan pengamanan dilaksanakan oleh sejumlah satuan tugas (satgas). Peragaan dilakukan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Dalam pengamanan Pemilu 2024, terdapat 7 satgas. Diantaranya satgas preemtif, satgas preventif, satgas gakkum, satgas tindak, satgas kamseltibcar lantas, satgas humas dan satgas ban ops.(TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button