Maluku

Jelang Pemilu 2024, Satgas Salawaku Polda Maluku: Masyarakat Jangan Terlibat Politik Identitas 

PEMILU 2024

potretmaluku.id-Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku, sambangi jemaat GPM Soya di Gereja Lazarus, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Minggu (12/11/2023).

Kedatangan satgas tersebut, guna melakukan cooling system jelang Pemilu 2024. Di antaranya, menghimbau para jemaat menjaga Kamtibmas.

Kunjungan ini, dipimpin Kompol Hendrik Rumsori, Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Maluku yang juga tergabung dalam tim satgas Binmas OMB Salawaku 2023.

Di hadapan 600 warga jemaat Soya, Hendrik berharap masyarakat tidak terlibat dalam politik identitas, politisasi agama dan polarisasi masyarakat pada Pemilu 2024. Dia khawatir, menjelang pemilu, banyak pihak yang mengatasnamakan agama. ”Politik identitas ini, berdampak pada terjadinya kericuhan dan konflik,” katanya.

Dia juga mengajak para jemaat agar bijak dalam bermedia sosial, karena pada umumnya penduduk Indonesia memiliki smartphone ataupun android yang memiliki akses untuk beraktifitas di dunia maya secara bebas.

Untuk itu, marilah bijak dalam membuat konten-konten yang tidak menjurus kepada hal-hal negatif seperti menyebar hoax maupun hate speech.

Sebab, baginya hoax dan hate speech dapat menyebabkan kericuhan baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

“Konten-konten tersebut, dapat dipidana karena termasuk dalam kategori perbuatan pidana yang melanggar hukum khususnya Undang-Undang ITE,” tegasnya.

Ia juga berharap apabila terjadi suatu masalah di tengah lingkungan tempat tinggal, segera menghubungi aparat kepolisian terdekat. Jangan malah ikut terprovokasi atau memprovokasi orang lain sehingga masalah semakin meluas.

“Dalam menyelesaikan masalah, libatkan tokoh-tokoh masyarakat maupun petugas bhabinkamtibmas setempat dalam menyelesaikan masalah tersebut,” pintanya.

Kompol Hendrik juga mengajak masyarakat untuk tidak mengkonsumsi minuman keras. Sebab, miras merupakan salah satu pemicu terjadinya gangguan kamtibmas dalam masyarakat.

Ia pun mengajak masyarakat untuk saling membantu menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah-tengah lingkungan tempat tinggal.”Jalin terus kehidupan persaudaraan dan kebersamaan dalam bingkai persaudaraan,” harapnya.

Diharapkan Pemilu nanti dapat berjalan aman dan damai. Sehingga setiap warga negara, dapat memberikan aspirasinya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden maupun wakil rakyat (DPD, DPR, DPRD) sebagai penyalur aspirasi rakyat.

“Guna mewujudkan cita-cita pembangunan bangsa dan negara untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan bermartabat,” ajaknya.(BAR)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button