Amboina

Ini Tiga Nama Calon Pj. Wali Kota Ambon yang Siap Diusulkan ke Kemendagri

potretmaluku.id – Menjelang akhir masa tugas Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena pada 23 Mei 2024 mendatang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Provinsi Maluku perihal pengusulan nama-nama calon Pj. Wali Kota Ambon.

Surat permintaan pengusulan calon Pj Wali Kota tersebut juga telah diterima oleh DPRD Kota Ambon. Pengusulan calon Pj Wali Kota itu akan segera disampaikan oleh DPRD setempat.

Ada tiga nama yang bakal diusulkan ke Kemendagri. Tiga nama itu sebelumnya telah dibahas oleh fraksi-fraksi di DPRD Kota Ambon, dan telah diputuskan melalui rapat paripurna internal yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Kota Ambon pada Kamis (28/3/2024).

Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta kepada potretmaluku.id mengaku telah menggelar rapat paripurna internal untuk memutuskan tiga nama yang bakal diusulkan ke Kemendagri RI sebagai Pj. Wali Kota Ambon.

“Tiga nama itu masing-masing, Melky Lohy, Valentino S. Sumitro, dan Apries Gaspers,” kata Elly.

Dia menyebut, tiga nama yang telah diputuskan oleh DPRD itu akan diusulkan malam ini secara online. Setelah itu baru disusul dengan berkas fisiknya.

Kata dia, berdasarkan surat edaran yang diterima DPRD Kota Ambon beberapa waktu lalu, batas waktu pengusulan calon Pj. Wali Kota itu sampai dengan tanggal 1 April 2024 mendatang.

“Jadi tiga nama itu diusulkan oleh DPRD. Nanti tiga nama diusulkan oleh Gubernur Maluku, dan tiga nama lagi dari Kemendagri RI, setelah itu baru akan mengerucut,” jelasnya.

Menurutnya, nama-nama itu diusulkan berdasarkan kepangkatan yang dipersyaratkan oleh aturan yang berlaku. Sementara Bodewin M. Wattimena tidak dapat diusulkan kembali sebagai calon Pj. Wali Kota, karena sudah dua kali menjabat.

“Pak Bodewin sudah dua kali menjabat Pj. Wali Kota Ambon. Jadi sesuai aturan, beliau tidak bisa lagi diusulkan,” jelas Elly. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button