Amboina

Gubernur Maluku Letakkan Batu Pertama Pasar Mardika Ambon

potretmaluku.id – Revitalisasi Pasar Mardika dimulai. Persisnya setelah Gubernur Maluku Murad Ismail meletakkan batu pertama (ground breaking) pembangunan gedung Pasar Mardika, Ambon, Kamis, (27/01/2022), sebagai tanda dimulainya proyek pembangunan senilai Rp.122, 6 miliar itu.

Biaya pembangunan pasar terbesar di Maluku ini, melalui pendanaan Multi Years Contract (MYC) APBN Tahun 2021-2023.

Pembangunan gedung pasar yang dikerjakan kontraktor pelaksana dari perusahaan BUMN PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung dan manajemen konstruksi PT. Ciriajasa Cipta Mandiri ini memiliki luas 20.750 m², dengan konstruksi bangunan lima lantai.

Direncanakan pasar ini berdaya tampung sebanyak 1.840 unit untuk pedagang sayur ikan dan 1.086 unit kios untuk pedagang pakaian, elektronik dan lain-lain serta memiliki pengolahan limbah (IPAL) mandiri.

Dalam sambutannya, Gubernur Murad mengatakan, salah satu komitmen pemerintah di bidang perdagangan adalah memperkuat ekonomi kerakyatan dengan melakukan program pembangunan pasar rakyat.

Terkait hal tersebut, Gubernur Murad lantas menyampaikan lima pesan penting.

Pertama, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menyetujui usulan pembangunan Pasar Mardika, dan ditindaklanjuti Kementerian PUPR, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Keuangan.

Kedua, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy atas sinergitas dengan semua pihak, mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan pasar.

Ketiga, secara de facto dan de Jure, jelas Gubernur Murad, tanah maupun bangunan di Pasar Mardika adalah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, sehingga pengelolaannya akan diatur melalui mekanisme kerjasama antara Pemprov Maluku dan Pemerintah Kota Ambon.

Keempat, harap Gubernur Murad, keberadaan bangunan pasar akan menjadi ikon yang memberi warna lain bagi wajah Kota Ambon dan Maluku di masa yang akan datang, serta menjadi sarana perdagangan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kelima, kepada semua pihak yang nantinya akan menikmati manfaat Pasar Mardika, Gubernur Murad berharap, dapat mendukung pemerintan daerah dan seluruh pihak terkait dalam proses pembangunan Pasar Mardika yang baru.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku, Abdul Halil Kastela berharap pembangunan pasar dapat bermanfaat untuk kemajuan perekonomian dan menjadi kebanggaan Kota Ambon dan Maluku sebagai ikon destinasi wisata baru.

Ini kata dia, mengingat kawasan pasar merupakan pusat kegiatan ekonomi/bisnis berskala kota dan regional yang berada di Kota Ambon dan Maluku, juga kawasan Landmark yang mempunyai daya tarik sebagai tujuan rekreasi bagi wisatawan lokal.

“Wisatawan lokal bisa saja berasal dari Pulau Ambon maupun pulau di luar Pulau Ambon. Tujuannya ya untuk berwisata kuliner, pantai, seni musik dan budaya,” tutup Kastela.

Acara peletakkan batu pertama pembangunan pasar Mardika Ambon itu, dihadiri Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Wali KotaSyarief Hadler, Kadis PUPR Maluku Muhamat Marasabessy dan sejumlah pimpinan OPD terkait lingkup Pemprov Maluku. (WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button