BuruOlahraga

Fatikh RCK Juarai Open Chess Tournament Bupati Buru Cup

potretmaluku.id – Putra asal kabupaten Kohupohuwatu, Provinsi Gorontalo, Fatikh RCK yang juga master catur Indonesia, berhasil menjuarai Open Chess Tournament Bupati Buru Cup 2023 yang berlangsung selama tujuh (7) hari Senin hingga Kamis (27 Februari – 2 Maret 2023), di aula Kantor Bupati Buru.

Pejabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy yang ditemui usai memberikan hadiah dalam kegiatan tersebut, menuturkan sangat bangga atas prestasi yang telah diraih para atlit catur, yang ikut meramaikan event paling bergengsi ini.

Menurut dia, dengan adanya kompetisi ini, dapat membantu pemerintah daerah guna mendorong tumbuhnya atlit catur pemula menjadi master catur, yang bisa membawa nama daerah untuk bisa bersaing dalam tounament di tingkat nasional bahkan internasional.

“Kami sebagai pemerintah daerah tentunya sangat mendukung para pemuda kita, untuk bisa kreatif dalam dunia olahraga catur ini. Harapannya mereka termotivasi dengan adanya kompetisi seperti Open Chess Tournament Bupati Buru Cup, yang telah berhasil berkompetisi dan sukses menghasilkan para atlit catur yang keluar sebagai juara,” paparnya.

Djalaludin menyebutkan, tentunya dengan hasil yang didapat, seperti juara lokal satu sampai juara kelima, sudah cukup sebagai catatan dan tolak ukur menjadi master kedepannya.

“Seperti para atlit tamu dari luar, yang sudah ikut berkontribusi memberikan pengalaman baru bagi atlit catur di daerah ini menuju ke event pra-PON nantinya,”ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan Open Chess Tournament Bupati Buru Cup ini, juga memberikan motivasi bagi para atlit dengan ditatapkannya sebanyak 30 juara lainnya, dan hampir semua juara diraih oleh para atlit catur lokal yang tergabung dalam Percasi Buru di Namlea.

Hal ini turut dibenarkan Jamaluddin Bugis selaku ketua panitia pelaksana. Ia juga berterimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah mendukung hingga terlaksananya kegiatan ini.

“Kami selaku panitia juga sangat berterimakasih kepada bapak Penjabat Bupati, Pak Sekda serta seluruh jajarannya karena sudah mendukung hingga terlaksananya kegiatan ini, semoga bermanfaat bagi para atlit Percasi di daerah ini,” tuturnya.

Ucapan terimakasih juga dia sampaikan kepada pihak sponsor utama yaitu Dino Bugis, yang sudah berkomitmen memprakarsai kegiatan Open Chess Tournament Bupati Buru Cup di Namlea.

“Karena tanpa mereka ini, kami selaku koordinator panitia tidak bisa bekerja maksimal terutama teman-teman panitia yang sudah berkomitmen hingga terlaksananya kesuksesan kegiatan dari awal sampai penutupan malam ini,” terang Jamal.

Ia menyebutkan, tujuan dilaksanakannya Open Chess Tournament Bupati Buru Cup ini sendiri, adalah untuk merangsang para atlit catur di daerah Kabupaten Buru khususnya dan Provinsi Maluku pada umumnya, ini agar bisa bersaing dengan para pemain catur Indonesia, khususnya dari Indonesia bagian timur dan skala tingkat nasional.(ARA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button