Amboina

Disperindag Andalkan Retribusi di Pasar Jadi Sumber Utama Dongkrak PAD

potretmaluku.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon andalkan retribusi di Pasar untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ambon.

Kepala Disperindag Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengatakan, pihaknya akan berupaya agar target PAD di Tahun ini bisa dicapai.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menjadikan retribusi pelayanan di pasar Mardika sebagai sumber utama peningkatan PAD dari instansi tersebut.

“Sumber PAD yang menjadi andalan itu adalah soal pelayanan pasar,” kata Slarmanat, Jumat (15/9/2023).

Kata dia, kewenangan pengelolaan pasar modern yang telah direvitalisasi belum ditetapkan. Koordinasi terkait pengelolaannya masih dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

Meski begitu, pemkot masih tetap menagih retribusi dari pedagang yang terdampak revitalisasi sembari menunggu putusan atas hak pengelolaan pasar.

“Yang jelas pedagang yang sementara menempati area pasar modern masih menjadi objek retribusi, meski masih ada penagihan dari pihak lain,” jelasnya.

Menurutnya, target PAD dari Disperindag saat ini sebesar Rp.2,8 miliar. Hingga saat ini yang telah terealisasi sebesar Rp1,9 miliar. Kalau dipersentasikan, sudah mencapai 68 persen.

“Dalam catatan kita itu sudah mencapai Rp.1,9 miliar, atau 68 persen dari target PAD di Tahun ini,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button