Amboina

Disnaker Ambon Siapkan Pemberangkatan 30 Calon Pekerja ke Australia

potretmaluku.id – Sebanyak 30 calon pekerja asal Kota Ambon tengah mempersiapkan proses untuk diberangkatkan ke Australia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon, Steiven Patty kepada wartawan mengatakan, sebelumnya terdapat 450 orang yang mengikuti seleksi, namun yang lolos hanya 148 orang.

Kemudian dari 148 orang tersebut, 30 diantaranya yang telah melakukan pendaftaran ulang, sehingga mereka telah siap untuk diberangkatkan.

“Jadi ada 30 peserta yang tengah mempersiapkan proses untuk keberangkatan. Tersisa 118 yang belum mendaftar ulang” jelas Steiven, Jumat (28/7/2023).

Pekan depan Disnaker Ambon akan melaksanakan kegiatan pengurusan visa. Ada beberapa orang yang daftarkan untuk mendapatkan visa. Seluruh aktivitas terkait keberangkatan akan diurus semuanya di Ambon.

“Untuk jadwal keberangkatan, tergantung dari proses pembuatan visa itu. Kami berharap, sisa 188 orang itu segera mendaftar ulang,” ujarnya.

Seiven menyebut, program kerja di Australia ini merupakan upaya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon) untuk mengurangi angka pengangguran lewat kerjasama yang dibangun dengan Global Labour Solutions (GLS) untuk merekrut tenaga kerja asal Ambon yang ingin bekerja di Darwin, Australia.

“Dalam kerjasama itu, yang dibutuhkan adalah dua jasa pekerja, yakni di bidang peternakan dan perkebunan,” terangnya.

Untuk bidang peternakan, dibutuhkan pria pada bagian pemotongan hewan dan wanita untuk bagian packing daging.

“Sementara bidang perkebunan, dibutuhkan pria atau wanita untuk ditempatkan pada bagian jasa packing buah dan petik buah,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button