MalukuMaluku TengahWisata

Dinilai Unik dan Otentik, Negeri Hila Ditetapkan Masuk 50 Besar Desa Wisata Indonesia

potretmaluku.id – Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) merupakan satu-satunya negeri di Maluku yang ditetapkan masuk dalam 50 desa wisata terbaik pada ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang diprogramkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Ketua tim dewan juri ADWI Kemenparekraf RI, Azril Azahari mengemukakan, ada beberapa desa/negeri yang mendaftar dalam ajang ADWI, namun hanya Negeri Hila yang lolos dalam nominasi 50 Desa Wisata.

Menurutnya, ada beberapa indikator yang mempengaruhi sehingga Hila ditetapkan menjadi salah satu diantara 50 Desa Wisata ADWI Tahun 2022. Salah satunya adalah memiliki daya tarik tersendiri.

“Daya tarik itu terbagi dua, yakni keunikan dan otentik. Unik yang dimaksudkan itu berbeda dengan yang lain, atau tidak boleh sama. Sedangkan otentik itu karena jalur rempah itu hanya ada di Hila dan itu bisa diangkat,” kata Azril Azahari kepada wartawan di Hila, Minggu (11/09/2022).

Kata Azahari, daya tariknya itu ada pada Benteng Amsterdam. Yang awalnya bukan sebuah benteng, tapi loji atau gudangnya cengkeh yang diangkut oleh portugis. Namun kemudian diubah oleh VOC yang merupakan perusahaan Hindia Timur Belanda sebagai sebuah Benteng.


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

1 2Next page
Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button