Ekonomi & BisnisMaluku

Basudara Maluku Global memulai Proyek Sereh Wangi Maluku dari Desa Oma Pulau Haruku

potretmaluku.id – Basudara Maluku Global l(BMG) lewat BMG Agribusiness, sejak Rabu (14/4/2021), memulai Proyek Sereh Wangi pada masyarakat pedesaan di Maluku. Proyek ini mereka mulai dari satu hektar tanaman Sereh Wangi yang ditanam di Desa Oma, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Kepada potretmaluku.id, Kamis (15/4/2021), Ketua BMG yang berdomisili di Sidney, Australia, Iwan Muskitta menuturkan, para orang tua dari anak-anak yang ikut Program BMG Football, begitu antusias memulai agribisnis baru yang juga diniatkan untuk mendukung para pemain lokal ini.

“Masyarakat sangat antusia bergotong royong menyiapkan lahan dan menanam bibit,” ujar Iwan.

Langkah selanjutnya, kata dia, adalah membangun penyulingan untuk menghasilkan minyak serai.

Iwan memprediksi panen pertama akan dilakukan dalam waktu enam (6) bulan kedepan, dan setiap tiga (3) bulan setelahnya.

“Minyak Sereh Wangi akan dibeli sebagai pesanan tetap, yang sedang berlangsung dengan pelanggan komersial,” terangnya terkait pemasaran produk yang dihasilkan nantinya.

Iwan menyebut, proyek ini adalah dasar untuk model biaya operasional dan studi kelayakan, guna mengamankan peningkatan pendanaan untuk peluncuran proyek serupa di seluruh Maluku.

“Jenis usaha ini menarik bagi investor sosial, karena dampak sosial dan hasil keberlanjutannya sangat baik serta memiliki keuntungan finansial,” pungkasnya.

Basudara Maluku Global sendiri adalah perkumpulan diaspora Maluku di berbagai penjuru dunia yang dibentuk pada 2017, dan telah melaksanakan program “Focus Eastern Indonesia” yang bertujuan mendukung kemajuan pembangunan di kawasan timur Indonesia.(PM-05)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button