AmboinaPendidikan & Kesehatan

Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi Terpusat COVID-19 di Ambon

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon resmi memfungsikan Asrama Haji, Desa Waiheru, Kecamatan Baguala Kota Ambon sebagai tempat isolasi terpusat pasien COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy, Senin (7/02/2022) di Balai Kota menjelaskan, fasilitas tersebut akan digunakan untuk menampung pasien yang bergejala ringan, atau tidak bergejala namun memiliki komorbid dan golongan Lansia.

“Mulai hari ini difungsikan Asrama Haji sebagai lokasi isolasi terpusat, dimana satu kamar ditempati oleh empat orang pasien,” kata Wendy.

Dia menuturkan daya tampung Asrama Haji berjumlah 380 tempat tidur, namun yang digunakan untuk tahap awal berjumlah 145 tempat tidur.

Jumlah tersebut, lanjut Wendy mencukupi, sebab tidak semua pasien dirujuk untuk isolasi terpusat.

“Pasien diseleksi oleh Puskesmas. Apabila bergejala sedang sampai berat itu dirawat di Rumah Sakit,” terangnya.

Sedangkan yang gejala ringan, kata Wendy, bisa isolasi mandiri di rumah.

“Tetapi jika dia tidak bergejala namun memiliki komorbid dan lansia harus isolasi terpusat agar dapat dipantau oleh petugas,” tuturnya.

Dia katakan hingga saat ini dari 725 kasus konfirmasi positif di Kota Ambon, ada 87 pasien yang dirawat di sejumlah Rumah Sakit, diantaranya RSUD dr.Haulussy 25 orang pasien, RSUP dr. Leimena 8 pasien, RS. Bhayangkara 13 pasien, RSAL 9 pasien, dan RS. Latumeten 32 pasien.

Wendy bersyukur tingkat capaian vaksinasi di Kota Ambon sangat tinggi. Hal itu menjadi salah satu faktor banyak pasien COVID tidak bergejala dan bergejala ringan.

Oleh sebab itu dirinya optimis, kapasitas rumah sakit yang ada di kota Ambon dan Asrama Haji mencukupi untuk perawatan dan isolasi.

“Banyak pasien terkonfirmasi namun tidak bergejala dan bergejala ringan, itu karena capaian vaksinasi kita sudah tinggi,” tutupnya.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button