Seram Bagian Timur

Antisipasi Kerawanan Pilkades, Polres SBT Fasilitasi Rakor

potretmaluku.id – Pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, yang akan digelar pada hampir semua kecamatan di Kabupaten SBT, dikhawatirkan akan ada kerawanan yang mungkin terjadi.

Mengantisipasinya kondisi tersebut, Kepolisian Resor (Polres) SBT memfasilitasi Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Pilkades serentak yang dijadwalkan digelar akhir November 2022.

“Rapat ini inisiatif kami . Karena selama ini dari Pemda belum melaksanakan Rakor seperti ini. Mengingat dalam Pilkades tentunya akan ada kerawanan yang mungkin terjadi. Apalagi pemilihan ini serentak menyebar di 15 kecamatan, sedangkan personel Polres SBT hanya terbatas jumlahnya maupun jarak tempuhnya,” ujar Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho, Selasa (01/11/2022).

Rapat yang dipimpin Kapolres Agus ini, berlangsung di Aula Parama Satwika Polres SBT. Agus didampingi Wakapolres SBT Muhamad Musaat dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) SBT M Bahrum Weulartafella.

Pada kesempatan tersebut, Agus mengemukakan, semua rencana bisa berjalan dengan baik dan harus dikerjakan dengan ikhlas dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab agar dapat meminimalisir konflik yang akan terjadi.

Untuk itu, dia mengingatkan kepada seluruh panitia Pikades agar tidak berpihak kepada salah satu kandidat, namun yang terpenting mensosialisasikan terkait Pilkades sejak awal agar masyarakat mengetahui siapa saja yang memiliki hak untuk memilih.

“Saya ingatkan kepada seluruh panitia-panitia agar tidak melihat kepada salah satu kandidat, sosialisasikan¬†terkait Pilkades sejak awal agar masyarakat tahu bahwa siapa saja yang memiliki hak untuk memilih,” pintanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) SBT M. Bahrum Weulartafella menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan proses ini.

“Kami mohon maaf atas keterlambatan proses ini, karena harus kita pastikan semua final, baru kita bisa bikin penetapan terkait pemilihan kepala desa,” ujar Bahrum.

Kendati demikian, dia memastikan dalam waktu dekat ini Dinas PMD SBT akan menggelar pertemuan secara terpisah dengan melibatkan para camat, panitia desa dan unsur terkait untuk membahas kesiapan Pilkades tersebut.

Rakor ini turut dihadiri para JPU Polres SBT, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) SBT Sidik Rumalowak, para camat, Kapolsek/Kapolsubsektor jajaran, para Ketua BPNA dan para Penjabat (Pj) Kepala Desa.(*/TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button