Citizen

Anak Sederhana itu Lolos Beasiswa S2 ke Turki and Islamic Development Bank

SUARA WARGANET

Alhamdulillah. Akhirnya pengumuman itu datang juga, setelah 6 bulan menanti.

Rilan Abdul Syarif, mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, berhasil lolos beasiswa ke Turki Scholarship and Islamic Development Bank Committe.

“Alhamdulillah pak. Terimakasih banyak atas dukungan dan dorongan selama ini. Insa Allah, beta balik dan bergabung dengan almamater tercinta. Sekali lagi terimakasih. Saya masih di Liang. Nanti saya ke rumah bapa”.

Itu kata-kata yang meluncur saat saya menerima teleponnya. Sangat Bangga. Terharu. Luar biasa.

Rilan, biasa saya sapa, memang sangat menonjol di antara kawan-kawannya saat kuliah. Alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tulehu ini, selalu aktif. Baik di kelas maupun di luar. Bergabung dalam Komunitas Studi Ekonomi Syariah IAIN Ambon, Rilan sering pulang membawa piala, saat mengikuti kompetisi. Entah itu kompetisi tingkat lokal, regional maupun nasional.

Dia juga peraih beasiswa Bidikmisi dan beasiswa Masyarakat Ekonomi Syariah pusat.

Datang dari keluarga sangat sederhana. Putera Negeri Liang Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah ini, dikenal gaul. Suka bernyanyi tapi religius. Berbeda dengan sang Abang, Rifan Syarif yang pendiam tapi juga cerdas dan berprestasi Nasional.

Mereka berdua sama-sama mahasiswa Ekonomi Syariah. Sama-sama ditempa di Ma’had Al-Jamiah IAIN Ambon. Juga sama-sama dinobatkan sebagai wisudawan terbaik pertama IAIN Ambon. Jika sang Abang meraihnya di tahun 2017. Sang Adik, Rilan menyandangnya pada wisuda 2020.

Kini impian Rilan menuju Negeri Ottoman Empire (Utsmaniyah) jadi kenyataan.

Terimakasih buat Dr. Mar’atun Shalihah (sahabatku), yang sudah mendampingi dan jadi motivator buat Rilan. Pun Direktur dan para Kyai, Guru di Ma’had dan para dosen Ekonomi Syariah IAIN Ambon, sudah memoles Rilan.

Terimakasih juga buat Pak Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan civitas IAIN Ambon.

Berangkatlah Rilan. Beri yang terbaik bagi negeri ini, keluarga, dan almamater tercinta.

Jadilah “Erdogan” Rilan!

Han Holle(Akademisi IAIN Ambon)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button