Amboina

Ambon Bisa Keluar dari Disclaimer Tergantung dari OPD

potretmaluku.id – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena mengatakan, Kota Ambon bisa keluar dari opini Tidak Menyatakan Pendapat (TMP) atau Disclaimer jika seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan.

Hal itu disampaikan dalam rangka menyikapi salah poin dari Fraksi Keadilan Pembangunan yang meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon harus berkomitmen untuk keluar dari opini disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Wattimena menyebut, persoalan opini disclaimer ini dibicarakan di hampir semua daerah. Untuk Kota Ambon sendiri, telah dilakukan perbaikan, tapi semua tergantung dari masing-masing OPD.

“Mudah-mudahan dalam pemeriksaan BKP nanti, semua OPD sudah melaksanakan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan,” kata Wattimena usai rapat Paripurna di DPRD Kota Ambon, Kamis (30/11/2023).

Kata dia, jika pengelolaan keuangan dan aset dilakukan dengan baik oleh seluruh OPD, maka Kota Ambon akan keluar dari predikat disclaimer itu.

Menurutnya, disclaimer itu tidak bisa dibicarakan dan jiga tidak bisa andai-andai, tapi harus menjadi komitmen dan terimplementasi dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab dari tiap-tiap OPD.

“Saya yakin tahun depan kita keluar dari disclaimer. Jadi itu berpulang kepada masing-masing pengguna anggaran,” katanya.

Kalau ingin keluar dari disclaimer, maka harus melakukan pengelolaan keuangan sesuai aturan. Kalau tidak dilakukan sesuai aturan, tentu Kota Ambon akan tetap mendapat predikat disclaimer.

“Bagi saya, disclaimer atau tidak, itu bukan soal. Tapi komitmen untuk memperbaiki kinerja pengelolaan keuangan daerah itu yang lebih penting,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button