Amboina

Warga Kampung Muhajirin Batu Merah Ambon Antusias Bawa Anak untuk Diimunisasi

potretmaluku.id – Meskipun hujan mengguyur deras, namun tidak mematahkan semangat pihak tenaga kesehatan (nakes) dari Dinas Kesehatan Kota Ambon, Puskesmas Rijali dan perwakilan UNICEF Ambon, untuk memfasiltasi dan mengajak para orang tua, agar anak-anak dibawa ketempat yang sudah disediakan untuk keberlangsungan kegiatan imunisasi.

Terlihat bagaimana peran orang tua bekerjasama antara bapak dan ibu, memobilisasi anak-anak dengan sepeda motor datang ke tempat imunisasi, di Kampung Muhajirin RT 06/RW 09 Negeri Batumerah, Kota Ambon, Jumat (2/9/2022) lalu.

Tidak hanya menupang sepeda motor, ada juga yang berjalan kaki walau dalam keadaan hujan, terlihat tanpa menggunakan payung. Namun mereka tetap semangat dan bersenang.

Beberapa anak yang sudah mandiri untuk usia 7-12 tahun datang dengan sukrela. Mereka adalah siswa yang bersekolah di Kampung Muhajirin.

Ruangan terlihat penuh dengan suasana ceria dan bahagia, beberapa anak tersenyum manis. Ada yang lari ke sana kemari, melompat sambil menunggu giliran namanya dipanggil untuk diimunisasi.

Para ibu membawa anak yang diimunisasi disertai dengan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk orang tua.

Sebagian terlihat memegang buku KMS anak. Ibu-ibu sangat kooperatif dengan tugas masing-masing di ruang akhwat.

Pihak nakes membawa buku KMS anak terutama balita usia 0-5 tahun. Ini lantaran selama pandemic COVID-19, posyandu tidak aktif, banyak anak-anak yang belum diimunisasi dasar lengkap.

Setiap tamu yang masuk keluar disapa dengan senyum penuh keramahan. Para ibu sangat aktif, menginisiasi daftar anak yang diserahkan kepada nakes.

Prosesnya sangat cepat dan komunikatif. Ruang Kerjasama yang baik antara semua pihak dalam memberikan pelayanan imunisasi.

Pihak nakes sangat berterimakasih kepada para orang tua yang berperan sangat proaktif. Mulai dari menyebarkan informasi, memobilisasi anak-anak, melakukan pendataan sampai proses imunisasi selesai, yang dikuti 263 anak.

“Antusiasi komunitas Muhajirin untuk hidup sehat sangat tinggi. Ini terlihat dengan partisipasi dan kerjasama untuk mendorong semua anak diimunisasi termasuk vaksin COVID -19 yang sudah hampir 90%,” ujar Kepala Puskesmas Rijali dr. Adriyati Arief.

Pihaknya sangat senang, karena dengan adanya keterlibatan dan partisipasi masyarakat, dapat membantu pihak nakes dan pemerintah Kota Ambon untuk mendorong cakupan imunisasi.

“Kerjasama ini terus dirawat, agar hubungan terus terjalin dengan baik, demi masa depan anak-anak di Kota Ambon, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” imbaunya.

Sejumlah ibu yang membawa anak-anaknya, menyebutkan imunisasi ini sangat penting bagi anak-anak agar imun tubuhnya terbangun. Anak-anak juga tidak mudah sakit.

Mereka sangat antusias untuk membawa anak-anak yang belum diimunisasi, agar hari ini bisa mendapatkan imunisasi Difteri, Campak-Rubella, imunisasi lainnya.

“Melakukan kegiatan sosialisasi sangat rutin terkait dengan kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi dan masalah-masalah kesehatan lainnya,” ujar Diyah, salah satu ibuyang ikut kegiatan ini.

Di sela-sela kegiatan imunisasi, Diyah berkomunikasi dengan Kepala Puskesmas Rijali, untuk bisa diagendakan dan direncanakan kegiatan sosialisasi terkait dengan asupan gizi anak.

Menurutnya Diyah, ini sangat penting, agar para orang tua memiliki pengetahuan dan bekal ilmu dalam memberikan asupan gizi yang baik, bagi keluarga terutama anak-anak.

Sebelum dilakukan imunisasi, diawali dengan sosialisasi oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon, Puskesmas terkait, serta UNICEF Perwakilan Ambon.

Sosialisasi digelar dengan tujuan melakukan edukasi, memberikan informasi yang benar tentang manfaat imunisasi bagi anak-anak.

Selain itu, mengajak semua pihak dalam masyarakat dapat berpasrtisipasi untuk membawa anak-anak usia 0-5 tahun yang belum diimunisasi rutin selama masa pandemi COVID 19.

Sedangkan anak-anak usia 0-12 tahun yang belum diberikan Campak-Rubella , Difteri maka diharuskan dapat diimunisasi dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang masih berlangsung sampai tanggal 13 September 2022 mendatang.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button