Maluku

Rofiq Afifudin Himbau Pemuda Maluku Bersatu

Peringati Hari Sumpah Pemuda

potretmaluku.id – Pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021, anggota DPRD Maluku Rofiq Akbar Afifudin mengajak semua pemuda di Maluku untuk bersatu.

Rofiq katakan, ajakan ini perlu disampaikan karena kondisi pemuda sekarang terkesan sudah tercerai berai. Dimana, ada perbedaan dan dualisme yang meruncing dalam wadah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), sehingga peran pemuda sering terabaikan dalam mengisi pembangunan.

“Sumpah pemuda ini kan cikal bakal menyatukan pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke, sehingga lahirlah komitmen bersama pemuda Indonesia saat itu, yang disebut sumpah pemuda dalam satu bahasa dan satu tanah air,” kata Afifudin kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Ambon periode 2004-2005 mengatakan, perpecahan dan perbedaan sering terjadi saat ini. Namun, hari ini kita sama-sama saksikan potret pemuda terpecah belah dari tingkat pusat hingga ke daerah, yakni tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Nah, perpecahan yang terdistributif ini menyebabkan kosentrasi pemuda hanya bagaimana menyelesaikan konflik diinternal mereka,” jelas dia.

Akibatnya, sebut mantan Wakil Ketua KNPI Maluku dua periode itu, tanggungjawab pemuda dalam pilar pembangunan dan sebagai generasi penerus bangsa ini menjadi minim.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kota Ambon ini khawatirkan, potensi perbedaan dan perpecahan itu bisa berlanjut di ruang yang lain.

Sekretaris DPW PPP Maluku ini mengingatkan, perbedaan itu tidak bisa menyelesaikan masalah, maka pemuda harus duduk bersama membangun komitmen bersama.

Dia berharap, KNPI menjadi satu. Apalagi, KNPI sebagai representatif pemuda.

Tak hanya itu, mantan anggota DPRD Kota Ambon ini juga berharap, peran pemerintah sangat penting.

Dikatakan, pemerintah sebagai orang tua, setidaknya memfasilitasi semua perbedaan yang terjadi di kalangan pemuda.

“Pemerintah tidak boleh menjadi sub kordinat terhadap perbedaan itu. Saya harap tantangan ini mesti diselesaikan secara baik. Apalagi masa depan bangsa ini ada di pundak pemuda,” ujar dia.(WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button