Maluku

Pesan Gubernur Pada Acara Halal Bihalal DPD KNPI Maluku

potretmaluku.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku, menggelar Halal Bihalal 1443 Hijriah, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Maluku, Kota Ambon, Jumat (10/06/2022).

Hadir dalam Halal Bihalal Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Isteri Gubernur Maluku Widya Pratiwi Murad, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku H. Yamin, mewakili unsur TNI/Polri, Ketua DPD KNPI Maluku dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Maluku.

“Dalam momentum Halal Bihalal ini, selaku Gubernur Maluku saya mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada DPD KNPI Provinsi Maluku yang telah menggagas kegiatan Halal Bihalal ini sebagai anugerah dari Allah SWT, di tengah berbagai persoalan bangsa dan umat dewasa ini,” ujar Gubernur Maluku Mura Ismail, dalam sambutannya yang disampaikan Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie.

Untuk itu, melalui momentum Halal Bihalal ini selaku ada beberapa pesan yang disampaikan, khususnya bagi generasi muda Maluku.

Pertama, Halal Bihalal lahir dari imajinasi para ulama dan umara di negara ini, agar kita tetap menjaga dan menjalin silaturrahim sesama anak bangsa. karena kita tahu bahwa bangsa ini adalah bangsa yang majemuk atau plural, tetapi kita tetap satu, sebagaimana semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, (biar berbeda-beda, tetapi tetap satu).

Demikian juga DPD KNPI Maluku walaupun kita berbeda-beda, tetapi tetap satu. Kita samua basudara karena KNPI di dalamnya menghimpun berbagai organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), sehingga tidak ada alasan untuk kita bercerai, apalagi, saling menyakiti.

Kedua, lanjut Murad, kita semua memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan kedamaian dan kerukunan di daerah ini. saya tegaskan, bahwa pemerintah tidak akan mampu mewujudkan keamanan, kerukunan dan kesejahteraan sendirian.

“Namun itu semua hanya dapat diwujudkan jika semua pihak terlibat secara aktif, mengambil peran strategis dan tanggungjawab proporsional. mulai dari pemerintah, swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan organisasi sosial kemasyarakatan lainnya di daerah ini termasuk KNPI,” harap Murad.

Oleh karena itu, perayaan Halal Bihalal DPD KNPI Maluku ini memilih tema ”Wujudkan Persatuan Pemuda, Bangkitkan Semangat Rasa Pela Gandong Antar Umat Beragama di Maluku”.

Tema ini, sebut mantan Dankor Brimob Polri ini, mungkin cukup singkat tetapi merefleksikan makna yang dalam dan semangat yang kuat terhadap generasi muda untuk selalu meningkatkan spirit kebersamaan dan persaudaraan, belajar saling memahami, saling mempercayai, saling mencintai, saling menopang, saling membanggakan dan saling menghidupi.

“Ketiga, melalui Halal bi Halal ini, saya mengajak kita samua terutama DPD KNPI Maluku, untuk tingkatkan kualitas kerukunan dan kedamaian diantara sesama serta bangkitkan semangat pela gandong antar umat beragama di Maluk,” tandas Gubernur Murad.(*/ASH)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button