MalukuPendidikan & Kesehatan

Pemberhentiannya Sempat Viral, Hens Akhirnya Ikut Dilantik Pangdam Pattimura

potretmaluku.id – Setelah sempat viral lantaran dikeluarkan dari pendidikan karena persoalan administrasi, Hens Songjanan, siswa sekolah calon tantama (Secata) Rindam XVI Pattimura akhirnya dilantik Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, menjadi anggota TNI bersama 312 prajurit tamtama TNI AD lainnya, Kamis kemarin (14/04/2022).

Pelantikan tamtama remaja ini berlangsung haru dan diwarnai aksi unjuk kebolehan para prajurit, yang baru saja menyandang gelar prajurit dua.

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan yang dilanjutkan oleh pernyataan penutupan oleh Pangdam Richard.

Bertindak sebagai komandan upacara, Komandan Pendidikan Secara TNI AD, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, upacara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah prajurit dan penyerahan medali dan penghargaan bagi prajurit yang meraih prestasi terbaik.

Keluar sebagai siswa lulusan terbaik umum dan terbaik sikap perilaku adalah Prada Herlan Togo asal Weda, siswa lulusan terbaik akademik diraih oleh Prada Waldin Rustam asal Wale, dan siswa lulusan terbaik jasmani diraih oleh Prada Irfan Jabar asal Gane Luar.

Pangdam Richard dalam amanatnya mengucapkan selamat kepada para prajurit muda yang resmi dilantik. Pangdam mengatakan meski pendidikan pertama telah selesai namun tugas dan tanggung jawab prajurit tidak akan berhenti.

“Hasil yang kalian raih ini tidak datang tiba- tiba, tapi melalui proses panjang , melalui tahap seleksi penerimaan hingga pendidikan dasar 5 bulan. Kalian ditempa kemampuan fisik, akademik maupun mental untuk menjadi prajurit TNI AD yang handal” kata Pangdam.

Ia berpesan agar para prajurit muda ini selalu memegang teguh Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan sumpah prajurit.

Acara pelantikan tak kalah menyita perhatian ketika Prada Hens Songjanan terlihat memeluk ibunya dengan erat, begitu mengharukan. Pangdam pun sempat berbincang dengan Prada Hens dan orangtuanya.

Momen ini pun menjadi perhatian para tamu undangan yang hadir, mengingat beberapa waktu lalu, Hens sempat diberhentikan status kesiswaannya.

Berkat kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KASAD Jenderal Dudung Abdurachman, Hens bisa mengikuti pelantikan sebagai prajurit.

Sebelumnya sempat viral dan jadi sorotan karena Hens sempat diberhentikan jelang pelantikan, gara-gara surat administrasi kependudukan ayahnya yang berdarah Myanmar dinilai ilegal.

Masyarakat banyak yang menyoroti kasus ini dan berharap mendapat perhatian khusus dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KASAD Jenderal Dudung Abdurachman. Dan akhirnya memang, kedua petinggi TNI ini memungkinkan Hens ikut dilantik sebagai prajurit.

Nampak mata Pangdam pun berkaca- kaca, menyaksikan betapa bahagia dan bersyukurnya Hens dan keluarga.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak bapak Pangdam, kami kemarin sempat kehilangan harapan, kami berdoa semoga ada mukjizat, Puji Tuhan anak kami Hens bisa lanjut. Kami sangat berterima kasih kepada bapak Kasad juga bapak Pangdam” ujar Ibunda Hens berlinang air mata.(*/ASH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button